5 Makanan Kaya Serat, Yang Baik Untuk Tubuh


Makanan Kaya Serat - Serat memang dibutuhkan bagi tubuh manusia. Khususnya untuk membantu melancarkan pencernaan.





Ketika tubuh kekurangan serat, tentu kita akan mengalami gangguan pencernaan. Biasanya yang terjadi ketika tubuh kekurangan serat, maka kita akan sulit buang air besar.





Banyak penyakit yang bisa ditimbulkan dari kurangnya konsumsi serat. Wasir, dan obesitas adalah contoh penyakit yang ditimbulkan karena kurang serat.





5 Rekomendasi Makanan Tinggi Serat





Untuk menjaga kesehatan tubuh, tentu saja kita membutuhkan makanan-makanan yang bergizi tinggi. Karena apa yang kita makan, akan menjadi nutrisi dalam tubuh kita.





Jika makanan yang kita makan nilai gizinya kurang seimbang, maka lambat laun akan berpengaruh pada kesehatan tubuh kita sendiri.





Oleh sebab itu, Ibu Kata ingin memberikan rekomendasi makanan tinggi serat, yang baik untuk pencernaan.





1. Buah-Buahan





Buah-buahan adalah pelengkap, untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh, khususnya serat. Beberapa buah-buahan yang tinggi akan serat antara lain adalah pepaya, pisang, apel, pir dan beragam buah beri.





Buah-buahan tersebut memiliki kandungan serat yang tinggi, dan mampu menekan resiko hipertensi, sakit jantung dan stroke.





2. Jamur





Jamur dipercaya memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Selain itu, jamur juga dipercaya banyak mengandung nutrisi lain, seperti protein alami, mineral, vitamin, asam amino, antioksidan hingga antibiotik.





Rutin mengkonsumsi jamur dipercaya bisa mencegah resiko kanker payudara dan kanker prostat.





3. Sayur-mayur





Selain buah-buahan, tentu saja sayur-mayur juga banyak memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh. Salah satu nutrisi yang bisa didapatkan dari sayur adalah serat, khususnya sayuran jenis Cruciferous, seperti kubis, kembang kol, dan brokoli.





Selain kaya akan serat, sayur-mayur juga banyak mengandung nutrisi seperti folat, karoten, vitamin C, K dan E, yang mampu mencegah beragam penyakit.





4. Oat





Semua orang pasti sudah tahu, bahwa oat adalah salah satu makan yang memiliki kandungan serat cukup tinggi. Oat sering kali dijadikan alternatif makanan, karena mampu memberikan rasa kenyang lebih lama.





Campuran biji-bijian kaya serat ini, juga mampu mengikat kolesterol dalam darah, sehingga dapat menekan resiko penyakit jantung.





5. Kacang Lentil





Kacang lentil juga termasuk salah satu makanan tinggi serat, yang bagus untuk tubuh. Mengkonsumsi kacang lentil secara teratur, dipercaya dapat meminimalisir resiko penyakit jantung.





Kacang lentil yang sudah diolah, bisa dijadikan alternatif makanan pengganti nasi. Karena kacang ini bisa memberikan rasa kenyang lebih lama, sama seperti oat.





Demikianlah rekomendasi makanan tinggi serat, dan kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh.





Menurut para ahli kesehatan, dengan mengkonsumsi makanan kaya serat, maka dapat menekan resiko hipertensi dan stroke.


Related Posts

5 Makanan Kaya Serat, Yang Baik Untuk Tubuh
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.