Aplikasi CamScanner Mengandung Malware Berbahaya


Aplikasi CamScanner adalah salah satu aplikasi pemindai dokumen, yang sudah cukup banyak digunakan oleh pengguna smartphone Android.





Aplikasi scanner ini berguna untuk memindai sebuah dokumen, dengan menggunakan kamera ponsel. Hasil pemindaian kemudian disimpan dalam format dokumen PDF.





Sebelumnya, aplikasi scanner dokumen ini sudah diunduh sebanyak lebih dari 100 juta kali. Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi scanner yang cukup ternama di Google Play Store.





Google Hapus Aplikasi CamScanner Dari Play Store





Aplikasi CamScanner diketahui mengandung Malware yang berbahaya, yang menyebar ke ponsel penggunanya. Sehingga pihak Google menghapus aplikasi tersebut, dari layanan Play Store milik mereka.





Tentu saja hal ini membuat para penggunanya kaget, karena banyak dari mereka tidak mengetahui cara penyebaran, dan dampak yang ditimbulkan dari aplikasi tersebut.





Tim peneliti keamanan Kaspersky mengatakan, bahwa aplikasi yang dikembangkan oleh developer asal Cina tersebut, telah disusupkan malware di dalamnya.





Nantinya Malware tersebut akan mengunduh sejumlah Trojan, yang kemudian akan dengan mudah menginfeksi ponsel pengguna.





Malware pada aplikasi CamScanner pertama kali terdeteksi, pada update CamScanner tanggal 16 Juni (versi 5.11.3.20190616). Sementara pada update tanggal 25 Juni, Malware tersebut sudah dihapus oleh developer.





Karena telah melakukan praktek yang membahayakan penggunanya, akhirnya Google mengambil langkah tegas untuk menghapus CamScanner dari Play Store.





Setelah CamScanner di hapus dari Play Store, sebenarnya para pengguna masih bisa mengunduhnya dari pihak ketiga. Tapi tentu saja hal tersebut sangat beresiko, mengingat aplikasi ini sudah diblokir dari Play Store.


Related Posts

Aplikasi CamScanner Mengandung Malware Berbahaya
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.