Biografi Dan Profil Sandiago Salahudin Uno


Sandiaga Salahudin Uno - Akrab disapa bang Sandi, Sandiaga Uno adalah salah satu pengusaha terkaya di Indonesia, yang kini namanya mulai ramai diperbincangkan.





Ia berhasil memenangkan kursi Wakil Gubernur DKI Jakarta pada Pilkada 2017. Namun ia melepaskan jabatannya sebagai Wagub DKI, lantaran akan maju sebagai Cawapres Prabowo Subianto pada Pilpres 2019.





Jadi secara resmi, Sandiaga Uno menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI hanya dalam kurun waktu hampir setahun.





Biografi Sandiaga Uno





Sandiaga Salahudin Uno lahir di Pekanbaru, Riau pada tanggal 28 Juni 1969. Sandi adalah anak dari pasangan Razif Halik Uno (ayah) dan Rachmini Rachman Uno (ibu).





Anak bungsu dari dua bersaudara ini, menghabiskan masa kecilnya di kota kelahirannya, yaitu Rumbai, Pekanbaru. Ayah Sandi bekerja di perusahaan Caltex (sekarang Chevron) di Riau, sementara ibunya adalah seorang pakar pendidikan kepribadian.





Sekitar tahun 1970-an, ayah Sandi tak lagi bekerja di Caltex, dan kemudian mereka pindah ke Jakarta. Ia memulai pendidikan dasarnya di SD PSKD Bulungan, SMP 12, dan SMA di Pangudi Luhur.





Sandi dikenal sebagai anak yang ceras sedari kecil. Kecerdasan yang dimiliki Sandi tidak lepas dari dukungan yang diberikan oleh ibunya.





Perjalanan Karir Sandiaga Uno





Sandi Uno sempat belajar di Wichita State University, Amerika Serikat, dan berhasil lulus dengan predikat Summa Cum Laude. Pada tahun 1990 kemudian ia mengawali karirnya dengan bekerja sebagai karyawan di Bank Summa.





Di bank Summa, Sandi bertemu dan berguru dengan William Soeryadjaya, yakni pengusaha sukses dan pemilik dari Bank Summa.





Setahun berikutnya, Sandi mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di Universitas George Washington, Amerika Serikat. Sandi berhasil lulus dengan IPK sempurna 4.00.





Pada tahun 1993, ia bergabung dengan Seapower Asia Investment Limited di Singapura. Di perusahaan ini, Sandi menjabat sebagai Manajer Investasi.





Berselang dua tahun yakni pada tahun 1995, Sandiaga Uno pindah bekerja di NTI Resources Ltd, Kanada, Amerika Serikat. Di perusahaan ini Sandi menjabat sebagai Executive Vice President NTI Resources Ltd.





Krisis ekonomi yang terjadi pada tahun 1997, membuat dirinya di PHK dari perusahaan yang berbasis di Kanada tersebut. Akhirnya ia memutuskan untuk kembali ke Indonesia.





Langkah Awal Menjadi Pengusaha





Ketika kembali ke Indonesia, Sandi berusaha melamar pekerjaan ke beberapa perusahaan. Tapi hasilnya nihil, ia justru mendapat penolakan dari 25 perusahaan yang ia lamar.





Keterpurukan inilah yang pada akhirnya merubah pola fikirnya, dari karyawan menjadi pengusaha. Sehingga ia memutuskan untuk membangun perusahaannya sendiri.





Pada tahun 1997 Sandiaga Uno mendirikan PT Recapital Advisors, yang bergerak di bidang jasa konsultan keuangan. Ia mendirikan perusahaan tersebut bersama teman SMA-nya Rosan Perkasa Roeslani.





Dalam beberapa biografi Sandiaga Uno tercatat, di tahun 1998 ia mendirikan perusahaan investasi bernama PT Saratoga Investama Sedaya. Ia mendirikan perusahaan investasi ini bersama Edwin Soeryadjaya.





Sandi memiliki jaringan yang baik, dengan perusahaan dan lembaga-lembaga keuangan di dalam dan luar negeri. Dengan jaringan yang luas itulah, akhirnya perusahaan yang ia dirikan bisa mencapai kesuksesan.





Pada tahun 2015 Sandi mengundurkan diri sebagai Direktur di PT Saratoga Investama Sedaya Tbk. Ia digantikan oleh Michael Soeryadjaya.





Saat ini Sandiaga Uno tercatat menjabat sebagai di beberapa perusahaan besar, yaitu Saratoga Capital, PT Tower Bersama Infrastruktur Group Tbk, PT Adaro Energy Tbk, dan di PT Recapital Advisor.





Dalam beberapa profil Sandiaga Uno tercatat ia menikah dengan temannya semasa SMP, yang bernama Nur Asia. Ia dikaruniai tiga orang anak dari pernikahannya, yang bernama Sulaiman Saladdin Uno, Anneesha Atheera Uno, serta Amyra Atheefa Uno.


Related Posts

Biografi Dan Profil Sandiago Salahudin Uno
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.