Kepulauan Derawan, Tempat Wisata Di Ibu Kota Baru


Kepulauan Derawan - Kalimantan Timur resmi terpilih sebagai lokasi pemindahan ibu kota baru negara Indonesia.





Pemindahan ibu kota ke Kaltim ini, akan mulai dilakukan pada tahun 2020. Tentu saja perpindahan baru bisa dilakukan setelah segala persiapan terpenuhi.





Kalimantan Timur memiliki satu destinasi wisata yang indah, yaitu Kepulauan Derawan. Beberapa waktu belakangan, tempat ini menjadi salah satu lokasi wisata pantai terbaik di Indonesia.





Keindahan Laut Kepulauan Derawan





Pulau Maratua di Kepulauan Derawan
blog.airpaz.com




Kepulauan Derawan sangat terkenal dengan keindahan lautnya. Wisatawan bisa menikmati keindahan bawah laut dengan melakukan Snorkeling ataupun Diving.





Pulau Derawan menawarkan pemandangan pantai dengan pasir putih, dan air laut bening berwarna biru. Selain itu, biota bawah laut di kepulauan Derawan pun sangat spektakuler, dan cocok untuk aktifitas snorkeling.





Kepulauan ini terdiri dari 31 pulau kecil, dan hanya ada 4 pula yang bisa diakses, yaitu Pulau Derawan, Pulau Maratua, Pulau Sangalaki dan Pulau Kakaban.





Dilansir dari indonesia-tourism.com, diketahui bahwa kepulauan Derawan telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 2005.





Luas kepulauan ini menacapai 1.270.000 hektar, dan terdiri dari wilayah laut serta pulau. Untuk area pulaunya sendiri termasuk di dalamnya ekosistem laut dan pesisir, seperti padang lamun, terumbu karang, dan hutan bakau.





Kepulauan Derawan memiliki keanekaragaman hayati yang sangat kaya, dengan lebih dari 460 jenis terumbu karang tersebar di wilayah kepulauan ini.





Akses menuju Derawan bisa ditempuh menggunakan mobil ke Tanjung batu. Untuk satu kali perjalanan, dengan lama perjalanan mencapai 2 jam, biasanya dikenakan biaya sekitar Rp. 350,000.


Related Posts

Kepulauan Derawan, Tempat Wisata Di Ibu Kota Baru
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.