Merokok Sembarangan Di Malaysia, Dihukum Membersihkan Toilet


Beberapa negara, memang sudah banyak yang memberlakukan larangan merokok di tempat umum. Aturan tersebut dibuat untuk meminimalisir asap rokok di tempat-tempat umum seperti di mall.





Merokok memang tidak baik untuk kesehatan, namun karena efek candu yang ditimbulkan dari nikotin, membuat banyak orang, masih sulit untuk meninggalkan rokok.





Larangan merokok di tempat umum memang bagus, sehingga tidak memberikan dampak buruk bagi orang-orang yang tidak merokok.





Karena bagi orang yang tidak merokok, menghirup asap rokok akan membuatnya menjadi perokok pasif, yang justru lebih tinggi resiko gangguan kesehatannya.





Hukuman Merokok Sembarangan Di Malaysia





Pemerintah Malaysia adalah salah satu negara, yang sudah memberlakukan larangan merokok di tempat-tempat tertentu. Hal ini tentu saja menuai pro dan kontra dari kalangan masyarakat.





Menteri Kesehatan Malaysia, Datuk Seri Dr Dzulkefly Ahmad, memberlakukan hukuman bagi orang yang merokok di area bebas asap rokok. Hukuman yang diberikan berupa pekerjaan sosial.





Jika ada orang yang tertangkap merokok di area bebas rokok, maka mereka akan disuruh membersihakan toilet, membersihkan sampah, hingga memotong rumput.





Menurut Datuk Seri Dr Dzulkefly Ahmad, hukuman tersebut akan membuat orang jera, sehingga tidak akan mengulangi kembali kesalahannya.





Jika diberlakukan hukuman denda, maka bagi orang yang berkecukupan hukuman itu akan terasa ringan. Oleh sebab itu, diberlakukanlah hukuman untuk melakukan pekerjaan sosial.





Sebelumnya, di Malaysia pernah diberlakukan hukuman denda, bagi orang yang merokok di area terlarang. Perokok akan dikenakan denda Rp. 33 juta rupiah dan kurungan dua tahun penjara.


Related Posts

Merokok Sembarangan Di Malaysia, Dihukum Membersihkan Toilet
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.