Profil Dan Biografi Bob Sadino


Biografi Bob Sadino - Bob Sadino adalah salah satu orang kaya, sekaligus pengusaha yang cukup sukses di Indonesia.





Bob Sadino kerap kali disapa om Bob. Ia selalu tampil dengan pakaian yang santai, dan jauh dari kata formal. Karena dalalm beberapa kesempatan, ia sering kali menggunakan kemeja lengan pendek, dan juga celana pendek.





  • Nama Lengkap : Bambang Mustari Sadino
  • Dikenal : Bob Sadino / Om Bob
  • Lahir : Tanjungkarang, Lampung, 9 Maret 1933
  • Wafat : Jakarta, 19 Januari 2015
  • Agama : Islam
  • Orang Tua : Sadino, Itinah Soeraputra
  • Istri : Soelami Soejoed
  • Anak : Shanti Dwi Ratih, Mira Andiani




Perjalanan hidup Bob Sadino tidaklah mulus, karena dia juga banyak mengalami jatuh bangun dalam karir dan pekerjaannya.





Biografi Bob Sadino





Bob Sadino lahir di Lampung, pada tanggal 9 Maret 1933. Ia dilahirkan dengan nama asli Bambang Mustari Sadino, yang kemudian akrab disapa Bob Sadino.





Pengusaha nyentrik ini, adalah anak dari pasangan Sadino (ayah) dan Itinah Soeraputra (ibu). Ia adalah anak bungsu dari lima bersaudara, dan Ayahnya bekerja sebagai kepala sekolah.





Om Bob lahir dan tumbuh di masa pemerintahan Hindia Belanda. Tapi kala itu ia hidup secara berkecukupan. Ia bahkan bisa menyelesaikan pendidikannya hingga tamat SMA.





Setelah menyelesaikan pendidikan SMA, ia pun langsung bekerja di PT Unilever. Bertahan hanya beberapa tahun saja ia bekerja, lalu ia melanjutkan pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Indonesia.





Namun Bob merasa bosan menjalani kuliahnya, akhirnya ia memutuskan berhenti kuliah.





Setelah orang tuanya meninggal, Bob mewarisi semua harta kekayaan orang tuanya. Sementara saudaranya yang lain sudah hidup mapan.





Bob kemudian menghabiskan hartanya dengan berkeliling dunia. Ia sempat tinggal di Belanda selama 9 tahun. Saat itu, Bob bekerja di Djakarta Lylod di Amsterdam dan juga di Hamburg, Jerman.





Bob pun bertemu dengan Soelami Soejoed di Belanda, yang kemudian menjadi istrinya.





Kembali Ke Indonesia





Pada tahun 1967, Bob dan keluarganya kembali ke Indonesia. Ia juga membawa 2 mobil Mercedez yang ia miliki. Salah satu dari mobil Mercedez tersebut ia jual, untuk membeli sebidang tanah di daerah Kemang, Jakarta Selatan.





Pada masa itu, daerah Kemang masih sangat sepi, dan masih banyak terhampar persawahan serta perkebunan.





Bob akhirnya memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya, dan bertekad untuk bekerja secara mandiri. Meskipun sebenarnya istrinya bisa membantunya, dengan bekerja sebagai sekretaris.





Sebelumnya istri Bob Sadino memang memiliki pengalaman sebagai sekretaris di luar negeri. Tapi Bob tak mengizinkan istrinya bekerja, karena dia merasa dirinya adalah kepala keluarga yang harus mencari nafkah.





Bob mulai bekerja secara mandiri, dengan berprofesi sebagai supir taksi gelap. Ia menggunakan mobil Mercedez miliknya untuk mengantar penumpang.





Tapi suatu ketika ia mengalami kecelakaan, hingga mobilnya mengalami kerusakan yang cukup parah. Ia tidak bisa memperbaiki mobilnya, sehingga ia tidak bisa mencari uang.





Bob sempat menjadi tukang batu, dengan gaji hanya Rp.100. Pada saat itu, Bob mengalami depresi yang cukup berat, karena tekanan hidup yang ia alami.





Bob Sadino Membangun Usahanya Sendiri





Berawal dari 50 ekor ayam yang diberikan oleh temannya, ia pun mulai menjadi peternak ayam. Bob dan istrinya, berhasil menjual beberapa kilogram telur setiap harinya.





Dalam waktu setengah tahun, Bob berhasil memiliki banyak pelanggan tetap. Banyak juag orang asing di sektiar kemang yang menjadi langganannya, lantaran ia dan istrinya fasih berbahasa inggris.





Dalam biografi Bob Sadino, tercatat ia sempat jatuh bangun menjalani usahanya. Tapi ia terus bangkit hingga akhirnya diusia yang tidak muda lagi, Bob Sadino berhasil menjadi pemilik tunggal pasar Swalayan Kem Chicks.





Usaha pasar swalayannya berkembang dengan pesat, hingga merambah ke sektor agribisnis, khususnya holtikutura. Ia mengelola perkebunan sayur mayur, untuk konsumsi orang asing yang ada di Indonesia.





Demikianlah profil dan biografi Bob Sadino secara singkat, yang terkenal sebagai salah satu pengusaha sukses di Indonesia.





Berkat tekad dan kerja kerasnya, ia mampu menjadi pengusaha dan pemilik tunggal super market yang cukup ternama di Indonesia.


Related Posts

Profil Dan Biografi Bob Sadino
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.