Profil Dan Biografi Najwa Shihab


Najwa Shihab - Najwa adalah salah seorang jurnalis ternama di Indonesia. Namanya besar melalui program televisi berjudul Mata Najwa, yang tayang di Metro TV.





Masyarakat mengenalnya sebagai salah seorang presenter berita yang kritis, cerdas dan lugas. Ia bahkan sempat mendapat beberapa penghargaan di bidang jurnalistik.





  • Nama : Najwa Shihab
  • Nama Panggilan : Nana
  • Lahir : Makassar, 16 September 1977
  • Agama : Islam
  • Orang Tua : Quraish Shihab (ayah), Fatmawati Assegaf (ibu)
  • Saudara : Nahla Shihab, Najelaa Shihab, Ahmad Shihab, Nasywa Shihab
  • Suami : Ibrahim Sjarief Assegaf
  • Anak : Namia, Izzat Assegaf
  • Pekerjaan : Presenter TV




Pada tahun 1997, Najwa Shihab menikah dengan seorang pria bernama Ibrahim Sjarief Assegaf. Dari pernikahannya tersebut, ia dikaruniai dua orang anak yang bernama Namia dan Izzat Ibrahim.





Biografi Najwa Shihab





Najwa adalah putri kedua dari salah seorang ulama besar di Indonesia, yang bernama Quraish Shihab. Sementara ibunya bernama Fatmawati Assegaf.





Najwa lahir di Makassar pada tanggal 16 September 1977. Ia adalah anak kedua dari empat bersaudara. Sejak kecil ia Najwa Shihab akrab disapa Nana.





Semasa kecil, Nana memulai pendidikan dasaranya di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah. Lalu ia melanjutkan pendidikannya di SMP Al-Ikhlas, yang berlokasi di Jakarta Selatan.





Setelah menyelesaikan pendidikan SMP, Najwa kemudian melanjutkan pendidikannya di SMA Negeri 6 Jakarta Selatan.





Selepas SMA, Nana melanjutkan studinya di Universitas Indonesia, dengan mengambil jurusan Ilmu Hukum. Ia pun berhasil menyelesaikan kuliahnya pada tahun 2000.





Meskipun semasa kuliah ia mempelajari ilmu hukum, tapi ketertarikannya lebih besar terhadap dunia jurnalistik. Sehingga ia lebih memilih berkarir di bidang jurnalis, ketimbang menjadi pengacara.





Terjun Ke Dunia Jurnalistik





Dalam beberapa biografi Najwa Shihab, diketahui ia memulai karir jurnalisnya, dengan bergabung pada stasiun televisi bernama Metro TV.





Wanita kelahiran September 1977 ini, pernah mendapat penghargaan atas liputannya terkait tsunami di Aceh tahun 2004. Karena ia adalah orang pertama, yang berhasil melaporkan kondisi terbaru setelah Tsunami Aceh menerjang.





Nana pernah menjadi pembaca berita untuk beberapa program berita yang tayang di Metro TV. Bahkan di tahun 2006, ia mendapat predikat sebagai Jurnalis Terbaik di Metro TV.





Nama Najwa juga berhasil masuk, menjadi salah satu nominasi Pembaca Berita Terbaik Panasonic Awards.





Bahkan Najwa sempat memiliki program diskusi di televisi, yang acaranya ia bawakan sendiri. Acara tersebut adalah Mata Najwa, yang tayang di Metro TV.





Pada bulan Agustus 2017, diketahui Najwa mengundurkan diri dari Metero TV. Acara Mata Najwa sempat vakum, dan muncul kembali di stasiun televisi Trans 7.





Berbekal pengalamannya selama 17 tahun di dunia Jurnalistik, akhirnya pada tahun 2018 Najwa mendirikan perusahaan berita bernama Narasi TV.





Demikianlah biografi dan profil Najwa Shihab, yang terkenal sebagai salah seorang presenter terbaik di Indonesia.


Related Posts

Profil Dan Biografi Najwa Shihab
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.