6 Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Mentah


Makanan memang dibutuhkan bagi tubuh manusia, karena bisa menjadi sumber energi. Makanan yang sebaiknya dikonsumsi adalah makanan yang banyak mengandung nutrisi.





Setiap makanan yang berbahan dasar sayuran dan buah-buahan, pastinya mengandung banyak nutrisi.





Oleh sebab itu, sayuran dan buah-buahan sangat dibutuhkan, sebagai pelengkap nutrisi makanan yang setiap hari dikonsumsi.





6 Makanan Ini Tidak Boleh Dimakan Mentah





Buah-buahan bisa dimakan tanpa perlu diolah, tapi tidak begitu dengan sayuran. Ada sejumlah sayuran yang harus diolah terlebih dahulu sebelum dimakan.





Meskipun harus dimasak, tapi tetap saja memasak sayuran tidak boleh sampai terlalu matang. Karena bisa menghilangkan nutrisi yang terkandung di dalamnya.





Ada pula bahan makanan yang bisa dimakan mentah, seperti lalapan yang sering kita lihat pada masakan khas Sunda.





Tapi tidak semua bahan makanan bisa dimakan mentah-mentah. Karena ada pula bahan makanan yang harus dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi, seperti tepung, daging babi, telur, dan jamur liar.





Selain bahan makanan tersebut, ada juga sejumlah bahan makanan yang tak boleh dimakan mentah, yaitu.





1. Kentang





Kentang Makanan Tidak Boleh Dimakan Mentah
Pixabay




Kentang yang masih mentah, mengandung senyawa solanine yang cukup beracun. Zat ini bisa menimbulkan beberapa gangguan kesehatan, seperti sakit perut, sakit kepala, bahkan bisa menyebabkan kelumpuhan.





Selain itu, mengkonsumsi kentang mentah juga bisa menyebabkan perut kembung, dan beresiko mengganggu pencernaan.





2. Kacang Merah





Kacang Merah Tidak Boleh Dimakan Mentah
Pexels




Kacang merah perlu dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Karena kacang merah mentah mengandung lektin, yang bisa menyebabkan masalah pencernaan, jika dikonsumsi dalam jumlah tinggi.





Oleh sebab itu, sebelum mengolah kacang merah, sebaiknya direndam dulu dengan air dalam waktu lama, barulah bisa direbus hingga mendidih.





3. Kecambah





Kecambah Makanan Tidak Boleh Dimakan Mentah
Sprouts




Mengkonsumsi kecambah mentah, sangat beresiko mengganggu kesehatan, khususnya bagi ibu hamil, anak-anak dan orang tua.





Jadi sebelum mengkonsumsi kecambah, sebaiknya dimasak terlebhi dahulu hingga matang. Dengan begitu, bahan makanan ini tidak akan berbahaya bagi kesehatan tubuh.





4. Susu





Susu Makanan Tidak Boleh Dimakan Mentah
thoughtco.com




Susu memang banyak memiliki manfaat, salah satunya adalah kaya akan kalsium. Tapi mengkonsumsi susu langsung dari hewan, bisa berbahaya bagi kesehatan.





Karena susu hasil perahan, yang belum dipasteurisasi berpotensi mengandung bakteri ecoli dan bakteri salmonela.





5. Terong





Terong Makanan Tidak Boleh Dimakan Mentah
Pexels




Terong mentah juga mengandung senyawa solanine, sama halnya dengan kentang. Senyawa ini bisa menyebabkan gangguan kesehatan.





Bahan makanan ini juga mengandung cukup banyak toksin, sehingga bisa menyebabkan alergi bagi orang yang mengkonsumsi terong mentah.





6. Biji Apel





Biji Apel Makanan Tidak Boleh Dimakan Mentah
gulfnews.com




Apel adalah buah yang kaya akan vitamin dan nutrisi. Apel juga sering menjadi opsi makanan bagi mereka yang sedang menjalani diet.





Tapi dibalik manfaat buah apel tersebut, tersimpan racun mematikan di dalam biji apel. Karena biji apel mengandung senyawa kimia, yang bisa berubah menjadi sianida organik.





Itulah sejumlah bahan makanan yang tidak boleh dimakan dalam kondisi mentah. Karena makanan-makanan tersebut bisa menyebabkan gangguan kesehatan.


Related Posts

6 Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Mentah
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.