Benny Wenda Dituding Dalang Kerusahan Papua


Benny Wenda adalah tokoh politik Papua, dan pimpinan Gerakan Papua Merdeka, yang selama ini menyuarakan Papua untuk berpisah dari NKRI.





Pimpinan Gerakan Papua Merdeka ini, dituding sebagai dalang di balik kerusuhan yang terjadi di Papua beberapa waktu lalu. Tudingan tersebut disampaikan oleh Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko.





Moeldoko menyoroti Benny Wenda lantaran yang besangkutan adalah pimpinan dari Gerakan Papua Merdeka. Gerakan ini sudah lama menginginkan agar Papua terpisah dari NKRI.





Moeldoko Tuding Benny Wenda Dalang Kerusuhan Papua





Pihak Istana menuding Benny tengah mengambil langkah politik, agar Papua bisa lepas dari NKRI.





Pihak pemerintah sendiri, masih berusaha melakukan pendekatan politik dengan Benny, yang saat ini tengah menetap di Inggris.





Moeldoko menuduh Benny Wenda, telah menyebarkan informasi yang tidak benar, selama melakukan manuver politik di luar negeri. Ia juga menuding, bahwa Benny telah melakukan provokasi terhadap masyarakat Papua.





"Dia mobilisasi diplomatik, mobilisasi informasi yang missed, yang tidak benar. Itu yang dia lakukan di Australia, lah, di Inggris, lah".

Moeldoko




Pihak pemerintah sendiri, tidak bisa menangani Benny Wenda menggunakan cara militer. Oleh sebab itu, mereka hanya melakukan pendekatan politik, karena Benny bergerak di front politik.





Moeldoko menegaskan, bahwa pemerintah Indonesia telah melakukan komunikasi dengan otoritas Inggris.





Tudingan terhadap Benny tidak hanya datang dari pihak pemerintah saja. Beberapa tokoh Nasional juga ada yang menduga, bahwa Benny merupakan aktor intelektual di balik kerusuhan Papua.





Benny Membantah Tudingan Moeldoko





Benny Wenda sendiri membantah tudingan yang diarahkan kepada dirinya. Menurutnya, tuduhan tersebut adalah pengalihan isu, terkait kasus rasialisme oknum aparat, terhadap mahasiswa Papua, yang terjadi di Surabaya beberapa waktu lalu.





"Itu hanya justifikasi saja karena mereka mengalihkan perhatian dari isu rasisme. Mereka harus membela diri dengan menuduh sana sini. Namun, secara politik, saya memimpin daerah saya untuk keluar dari NKRI".

Benny Wenda

Related Posts

Benny Wenda Dituding Dalang Kerusahan Papua
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.