Inilah 5 Fakta Menarik Film Gundala


Film Gundala adalah film bergenre superhero pertama, yang berhasil diproduksi oleh anak bangsa. Film garapan Joko Anwar ini mengisahkan sosok pahlawan yang memiliki kekuatan super, yang diperoleh dari sambaran petir.





Gundala adalah salah satu tokoh komik asli Indonesia, yang termasuk di dalam Jagat Sinema BumiLangit. BumiLangit studios sendiri, memegang lisensi untuk lebih dari 1000 karakter komik.





Film superhero Indonesia ini, diadaptasi dari komik yang dibuat oleh Harya Suraminata, yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1969.





5 Fakta Menarik Film Gundala





Aktor tampan Abimana Aryasatya, adalah sosok pemeran yang ada dibalik karakter Gundala. Aktor tampan ini memang sudah sering bermain di dalam film action, seperti Serigala Terakhir dan Alif Lam Mim.





Tapi ini adalah pengalaman pertamanya memerankan sosok pahlawan, dalam film yang bergenre superhero. Karena memang, film ini adalah film superhero pertama buatan anak bangsa.





Ada beberapa fakta seputar film Gundala, yang sebenarnya sangat menarik untuk diungkap. Apa saja fakta-faktanya? Mari simak informasi lengkapnya berikut ini.





1. Pemutaran Film, Tepat 50 Tahun Karakter Gundala





Sebenarnya karakter Gundala sudah pernah diangkat ke dalam sebuah film, dengan judul Gundala Putra Petir. Film tersebut pertama kali ditayangkan pada tahun 1981.





Sementara penayangan film Gundala pada tahun 2019 ini, bertepatan dengan usia karakter Gundala yang sudah mencapai usia 50 tahun.





2. Minim CGI





Film garapan sutradara Joko Anwar ini diklaim hanya sedikit menggunakan teknologi Computer Generated Imagery (CGI). Sehingga latar lokasi syutingnya menggunakan lokasi sungguhan.





Berbeda dengan film superhero luar negeri, yang banyak menggunakan teknologi CGI. Film Gundala justru minim CGI, hal ini disampaiak oleh sang sutradara melalui akun Twitter miliknya.





“Lokasi yang digunakan di Gundala adalah lokasi asli saat syuting tahun 2018: rumah susun, stasiun kereta, percetakan, pasar tradisional, dan lain-lain. Memang demikian lah situasi asli Indonesia saat ini. Jadi setting-nya juga saat ini".

Joko Anwar via Twitter





https://twitter.com/jokoanwar/status/1168762574877294592




3. 70 Lokasi Syuting





Film Gundala yang sedikti menggunakan CGI, menuntut kru dan pemain harus pindah-pindah lokasi syuting. Bahkan sang sutradara mengungkapkan, ketika syuting mereka harus berpindah hingga 70 lokasi syuting.





Jadi, semua lokasi yang nampak di setiap adegan film ini, merupakan lokasi sungguhan. Begitu juga dengan rumah susun tempat Sancaka tinggal, kabarnya adalah rusuh tempat Joko Anwar pernah tinggal.





Bahkan untuk pengambilan gambar di lokasi pasar, mereka harus syuting di tiga pasar di tiga kota berbeda. Untuk adegan di dalam pasar, mengambil lokasi di derah Bogor, depan pasar di Tangerang, dan samping pasar di Jakarta Kota.






https://twitter.com/jokoanwar/status/1168773287746232321




4. 1 Juta Penonton Dalam 7 Hari





Kesuksesan pemutaran film Gundala, nampak jelas setelah banyak penoton yang antusias terhadap film ini. Bahkan melalui akun Instagram resminya, film Gundala telah ditonton oleh lebih dari 1 juta penonton, hanya dalam waktu 7 hari.





Sedangkan pada hari pertama pemutaran, film superhero Indonesia ini sudah berhasil menyedot 174,013 penoton.






https://www.instagram.com/p/B1_Q6segU5C/?utm_source=ig_web_copy_link




5. Diputar Di TIFF 2019





Film Gundala masuk sebagai salah satu film, yang diputar dalam program Midnight Madness, pada Toronto International Film Festival (TIFF) 2019.





Dilansir dari Thatshelf.com, film yang disturadarai Joko Anwar ini menempati posisi ke-4, sebagai film yang wajib ditonton. Bahkan film Gundala bisa bersaing dengan film Joker, yang menempati posisi ke-5.






https://twitter.com/jokoanwar/status/1169197060869869569




Itulah dia sederet fakta menarik film Gundala, yang disutradari oleh Joko Anwar, dan diperankan oleh Abimana Aryasatya.


Related Posts

Inilah 5 Fakta Menarik Film Gundala
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.