Inilah 6 Manfaat Semangka Bagi Ibu Hamil


Manfaat Semangka - Dalam kondisi mengandung, setiap wanita hamil harus banyak mendapat asupan gizi. Karena ibu hamil butuh lebih banyak nutrisi untuk dirinya dan janin di dalam kandungannya.





Buah semangka adalah salah satu buah yang memiliki banyak nutris. Kandungan nutrisi di dalam buah ini, sangat baik bagi wanita yang sedang hamil.





Buah yang kaya dengan kandungan air ini, juga mengandung vitamin A, B kompleks, C, magnesium, serta kalium. Kandungan air yang tinggi di dalam buah Semangka, mampu menghidrasi tubuh dengan baik, dan mencegah sembelit.





Manfaat Buah Semangka Bagi Ibu Hamil





Manfaat Semangka Bagi Ibu Hamil
cdc.gov




Buah semangka juga memiliki kandungan serat yang tinggi, dan baik untuk pencernaan. Selain itu, buah semangka juga bisa menunda rasa lapar, yang kerap dirasakan oleh wanita hamil.





Selain itu, ada pula sejumlah manfaat buah semangka lainnya, yang memang baik untuk ibu hamil. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.





1. Mencegah Dehidrasi





Kandungan air di dalam buah semangka sangat banyak, bahkan 90 persen kandungan di dalam buah ini adalah air.





Dengan jumlah kandungan air yang cukup tinggi ini, maka akan memberikan tubuh cukup cairan dan mencegah dehidrasi, khususnya ketika cuaca sedang terik.





2. Mengontrol Mual Di Pagi Hari





Wanita yang sedang hamil, sering kali merasakan mual di pagi hari. Hal ini bisa diminimalisir dengan mengkonsumsi jus semangka setiap bangun tidur.





Selain dibuat jus, semangka juga bisa dikonsumsi begitu saja, untuk dapat mengontrol rasa mual bagi ibu hamil, yang sering muncul di pagi hari.





3. Meredakan Mulas





Buah semangka yang kandungannya didominasi oleh air, dapat memberikan sensasi dingin ketika dimakan. Hal ini bisa meredakan mulas yang sering di alami oleh ibu hamil.





Selain itu, kandungan air di dalam buah semangka, juga bisa menekan rasa perih di tenggorokan, yang disebabkan oleh meningkatnya asam lambung.





4. Mengurangi Pembengkakan





Ibu hamil sering kali mengalami pembengkakan ketika sedang mengandung. Hal ini disebabkan oleh aliran darah ke kaki dan tangan yang kurang lancar.





Manfaat semangka bagi ibu hamil lainnya, adalah dapat mengurangi penyumbatan pada otot dan vena, yang dapat mencegah edema secara luas.





5. Membuang Racun Di Dalam Tubuh





Ketika dikonsumsi dalam jumlah sedang, kandungan air yang cukup tinggi di dalam buah semangka, dipercaya bisa menghilangkan zat racun dalam tubuh.





Jika racun dalam tubuh berhasil dibuang, maka tubuh akan terasa lebih berenergi dan bisa mencegah kelelahan.





6. Mengurangi Kram Otot





Manfaat buah semangka lainnya, diketahui dapat mengurangi kram otot, yang kerap dirasakan oleh ibu hamil.





Kandungan mineral, magensium dan kalium di dalam buah ini, dipercaya mampu meminimalisir kram otot selama kehamilan.





Itulah dia sejumlah manfaat semangka bagi ibu hamil, yang kaya dengan nutrisi.





Dengan mengkonsumsi buah semangka secara teratur dalam jumlah yang wajar, maka keluhan-keluhan yang sering kali dialami ibu hamil dapat diminimalisir.


Related Posts

Inilah 6 Manfaat Semangka Bagi Ibu Hamil
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.