Inilah Perbedaan USB Type-C Dan Micro USB


Setiap samrtphphone dibekali dengan port USB untuk mengisi daya, serta menghubungkan ponsel ke komputer. Saat ini sudah ada beberapa jenis port USB yang sering digunakan.





Tapi khusus untuk perangkat smartphone, jenis USB yang digunakan sejauh ini hanya ada 2, yaitu USB Type-C dan Micro USB.





Port USB pada smartphone biasanya digunakan untuk mengisi daya ponsel, mentransfer file dari komputer, dan yang paling baru adalah untuk menghubungkan earphone.





USB Type-C biasanya tersedia untuk smartphone flagship, dan beberapa merek smartphone mid-end. Kemampuannya dan fitur yang dimiliki port USB jenis ini, tentu lebih banyak ketimbang Micro USB.





Perbedaan USB Type-C Dan Micro USB





Teknologi USB pertama kali dirilis pada sekitar tahun 2000an, kala itu jenis USB yang digunakan adalah USB 2.0.





Setelah dilakukan penyempurnaan, maka lahirlah USB 3.0 pada tahun 2008, dengan sejumlah fitur baru yang tak dimiliki pada USB 2.0.





Universal Serial Bus (USB) adalah media penghubung yang bisa digunakan untuk mentransfer data, informasi, hingga arus listrik antara dua perangkat atau lebih.





Saat ini USB sering kali ditemukan di setiap perangkat smartphone. Jenis USB yang digunakan pada smartphone saat ini adalah USB Type-C dan Micro USB.





Jika kamu belum tahu perbedaan USB Type-C dan Micro USB, mari simak penjelasan berikut ini.





USB Type-C adalah jenis port baru, yang memiliki plug USB sebanyak 24 pin. Sehingga jenis port ini bisa digunakan untuk mentransfer data digital, dan mengalirkan daya listrik secara bersamaan.





Port USB Type-C bisa difungsikan untuk beragam keperluan, seperti port HDMI, Earphone Jack. Sementar Micro USB sejauh ini hanya bisa digunakan untuk menghantarkan daya listrik dan mentransfer data.





Keunggulan yang dimiliki USB Type-C adalah sudah mendukung fitur fast charging. Sementara Micro USB hingga saat ini masih belum mendukung fitur fast cahrging.





Secara teknis, Micro USB mampu mentransfer data dengan kecepatan maksimal 5Gbps, dan output daya berkapasitas maksimal 5V dan 1,8A.





Sementara USB Type-C memiliki kemampuan transfer data dengan kecepatan maksimal 10Gbps. Sedangkan untuk transfer dayanya mencapai kapasitas 20V dan 5A.


Related Posts

Inilah Perbedaan USB Type-C Dan Micro USB
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.