Inilah Sejumlah Manfaat Lemak Untuk Tubuh


Lemak adalah nutrisi yang juga dibutuhkan oleh tubuh manusia. Karena sistem kinerja organ tubuh juga dipengaruhi oleh lemak.





Sebagian orang mungkin masih beranggapan, bahwa lemak itu jahat dan tak bagus untuk tubuh. Jadi lemak seharusnya disingkirkan dari dalam tubuh.





Lemak seringkali dijadikan kambing hitam, sebagai penyabab penyakit kolesterol dan penyakit jantung. Karena penderita kolesterol, biasanya memang terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak.





Manfaat Lemak Untuk Tubuh





Manfaat Lemak Bagi Tubuh
healthination.com




Tidak semua lemak itu jahat. Karena ada pula lemak baik, seperti asam lemak tak jenuh. Lemak jenis ini bisa didapatkan dari beberapa bahan makanan, seperti alpukat, minyak zaitun, minyak kanola, kacang almond dan hazelnut.





Tapi selain lemak baik tersebut, tubuh juga membutuhkan lemak jenuh, hanya saja kadarnya tidak boleh berlebihan.





Berikut ini ada sejumlah manfaat lemak, yang berguna untuk kinerja tubuh seperti.





1. Sebagai Sumber Energi





Selain karbohidrat, lemak juga bisa dirubah menjadi energi. Karena di dalam setiap 1 gram lemak, mengandung 9 kalori, yang akan menjadi sumber energi bagi tubuh.





Kekurangan energi akan membuat tubuh cepat lemas, dan sistem kekebalan tubuh menurun, yang mengakibatkan mudah terserang penyakit.





2. Melindungi Sel-sel Dalam Tubuh





Lemak juga berguna sebagai pelindung sel-sel yang ada di dalam tubuh. Karena zat ini akan membentuk pelindung, yang dpat melindungi lapisan terluar sel, atau yang disebut membran sel.





3. Menunjang Fungsi Otak





Lemak juga memiliki manfaat bagi otak. Karena lemak dapat membuat sel-sel dalam otak tetap berkembang, dan membentuk lapisan-lapisan sel yang sehat.





Lemak juga mempengaruhui tingkat kecerdasan otak. Seperti contohnya minyak hati ikan kod yang baik untuk perkembangan otak bayi.





4. Membantu Penyerapan Vitamin





Vitamin adalah nutrisi yang juga perlukan oleh tubuh. Ada sejumlah vitamin yang mudah larut dalam lemak, seperti vitamin A, D, E dan vitamin K.





Dengan adanya lemak, maka proses pelarutan vitamin dalam bahan makan bisa diperoses lebih cepat. Sehingga tubuh bisa leib cepat mendapatkan nutrisi vitamin.





5. Menunjang Produksi hormon





Lemak jenuh dalam jumlah yang seusai, bisa menunjang produksi hormon. Karena hormon digunakan oleh tubuh, untuk mengatur sistem kerja organ tubuh dan sistem respon tubuh.





Itulah setidaknya 5 manfaat lemak yang baik untuk tubuh. Dalam jumlah yang sesuai sebenarnya lemak juga memberikan manfaat bagi tubuh.





Sayangnya orang masih banyak yang tidak perduli dengan kadar lemak ditubuhnya. Sehingga masih banyak orang yang mengalami gangguan kesehatan, seperti kolesterol dan penyakit jantung.


Related Posts

Inilah Sejumlah Manfaat Lemak Untuk Tubuh
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.