Iuran BPJS Naik, Kemenkeu Sarankan Turun Kelas


Usulan kenaikan iuran BPJS Kesehatan, memang sudah dilayangkan Menteri Keuangan Sri Mulyani beberapa waktu lalu. Namun kenaikan iuran hingga 100 persen ini, tidak diterapkan pada semua kelas.





Hanya peserta kelas 1 dan 2 saja yang iurannya naik hingga 100 persen. Sementara peserta kelas 3 iurannya hanya naik sebesar 65 persen saja.





Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi (Kepala Biro KLI) Kemenkeu Nufransa Wira Sakti, mengatakan "Untuk Kelas 3, usulan kenaikannya adalah dari Rp25,5 ribu menjadi Rp42 ribu, atau naik 65 persen”.





Nufransa mengatakan, kenaikan iuran peserta BPJS Kesehatan mandiri kelas 3 sebesar Rp.42 ribu, sama dengan iuran bagi orang miskin dan tak mampu, yang iurannya dibayarkan pemerintah.





Kemenkeu Sarankan Turun Kelas





Peserta kelas 3 yang benar-benar tidak mampu, juga dapat dimasukkan ke dalam basis data terpadu Kementrian Sosial. Sehingga mereka bisa dimasukkan sebagai Penerima Bantuan Iuran (PBI), yang iurannya dibayarkan pemerintah.





Bagi masyarakat yang terdaftar sebagai kelas 1 dan 2, jika masih merasa keberatan dengan kenaikan iuran tersebut, maka bisa menurunkan kelasnya. Misalnya dari yang sebelumnya kelas 1 menjadi kelas 2, dan yang sebelumnya kelas 2 menjadi kelas 3.





Dalam menaikkan iuran BPJS Kesehatan, pemerintah telah mempertimbangkan 3 hal, yaitu:





  • Kemampuan peserta untuk membayar.
  • Upaya memperbaiki sistem JKN agar lebih efisien.
  • Gotong royong dengan peserta pada segmen lain.




Nufransa juga menegaskan, bahwa pemerintah sangat memperhitungkan, agar kenaikan iuran BPJS kesehatan ini tidak memberatkan masyarkat secara berlebihan.





Rencananya kenaikan iruan ini, akan mulai diberlakukan pada Januari 2020 mendatang. Nantinya peserta kelas 1 iurannya naik menjadi Rp. 160 ribu, dari yang sebelumnya Rp. 80 ribu. Sedangkan peserta kelas 2 menjadi Rp. 110 ribu, dari yang awalnya Rp. 51 ribu.


Related Posts

Iuran BPJS Naik, Kemenkeu Sarankan Turun Kelas
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.