Jalur Sepeda Di Jakarta Diuji Coba, Ini Ruasnya


Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, berencana akan melakukan uji coba, terhadap jalur khusus sepeda yang ada di sejumlah ruas jalan Jakarta.





Uji coba penerapan jalur khusus sepeda ini, akan dibagi menjadi 3 fase. Fase pertama dimulai pada hari ini 20 September 2019 - 19 November 2019, yang terdiri dari 7 ruas jalan.





Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, ada 17 ruas jalan yang akan memiliki jalur khusus sepeda. Pelaksanaannya akan dibagi menjadi tiga fase, dan dengan waktu yang berbeda-beda.





"Iya, ada 17 ruas jalan yang menjadi jalur sepeda dan akan diujicobakan. Uji coba ini akan berlangsung selama dua bulan penuh," kata Syafrin Liputo.





Ruas Jalur Khusus Sepeda Jakarta





Jakarta akan memiliki jalur khusus sepeda, yang dibuat di sejumlah ruas jalan. Ada 17 ruas jalan yang akan memiliki jalur khusus sepeda.





Jalur sepeda ini termasuk salah satu upaya, untuk meminimalisir polusi di Jakarta. Dengan adanya jalur khusus sepeda, tentu akan semakin banyak orang yang berminat untuk bersepeda ke tempat kerja.





Ada pun sejumlah ruas jalan yang akan memiliki jalur khusus sepeada adalah sebagai berikut:





Fase pertama yang diuji coba mulai tanggal 20 September - 17 November 2019, ada 7 ruas jalan, yaitu.





  1. Jalan Medan Merdeka Selatan
  2. Jalan M.H Thamrin
  3. Jalan Imam Bonjol
  4. Jalan Pangeran Diponegoro
  5. Jalan Proklamasi
  6. Jalan Pramuka
  7. Jalan Pemuda




Untuk fase kedua, uji coba jalur khusus sepeda Jakarta dilakukan pada tanggal 12 Oktober - 19 November 2019. Ada empat jalu yang masuk dalam fase uji coba kedua, yaitu.





  1. Jalan Jenderal Sudirman
  2. Jalan Sisingamangaraja
  3. Jalan Panglima Polim
  4. Jalan RS Fatmawati Raya




Sedangkan untuk fase ketiga, akan dilaksanakan pada tanggal 2 November - 19 November 2019. Pada fase ketiga ini ada enam ruas jalan yang akan diuji coba, yakni.





  1. Jalan Tomang Raya
  2. Jalan Cideng Timur
  3. Jalan Kebon Sirih
  4. Jalan Matraman Raya
  5. Jalan Jatinegara Barat
  6. Jalan Jatinegara Timur




Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, bahwa pembuatan jalur sepeda di Jakarta ini, ditargetkan selesai pada tahun 2019.





Pemprov DKI juga akan menyiapkan fasilitas pendukung, untuk para pengguna sepeda, seperti parkir khusus sepeda, dan juga tempat untuk membersihkan badan setelah bersepeda.


Related Posts

Jalur Sepeda Di Jakarta Diuji Coba, Ini Ruasnya
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.