Korlantas POLRI Resmi Meluncurkan Smart SIM


Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri), telah meluncurkan Surat Izin Mengemudi Pintar atau Smart SIM, pada hari Minggu (22/9).





Smart SIM adalah terobosan terbaru dari Korlantas Polri, yang serupa dengan Surat Izin Mengemudi pada umumnya.





SIM ini sebenarnya sudah mulai dipromosikan sejak bulan Agustus 2019. Tapi Smart SIM baru diluncurkan bertepatan dengan peringatan Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-64.





Kepala Korps Lalu Lintas Polri Inspektur Jenderal Refdi Andri mengatakan, bahwa SIM jenis baru ini memiliki fungsi lain, selain sebagai surat izin mengemudi.





"Sesungguhnya ada tiga item penting di dalam Smart SIM ini," kata Refdi





Smart SIM juga bisa merekam data forensik, serta merekam data pelanggaran pengemudi. Data tersebut nantinya bisa menjadi bahan evaluasi, untuk menciptakan keamanan, ketertiban dan keselamatan berlalu lintas.





Smart SIM Sebagai Alat Pembayaran





Smart SIM
antarafoto.com




Smart SIM ini juga bisa digunakan sebagai alat pembayaran elektronik. (e-money). Dengan fitur ini, maka kartu Smart SIM bisa digunakan untuk membayar parkir, bayar tol, dan belanja di swalayan, dengan saldo maksimal Rp. 2 juta.





Kartu tersebut kabarnya juga bisa digunakan untuk membayar denda tilang, Kereta Comuter, Line, Transjakarta dan lain-lain.





Tapi untuk fungsi sebagai uang elektronik, masih harus menunggu persetujuan dari pihak Bank Indonesia (BI).





Sementara ini Korlantas Polri sudah bekerja sama dengan bank BNI, terkait fungsi Smart SIM sebagai uang elektronik. Namun mereka sudah memiliki rencana, untuk bekerja sama dengan beberapa bank lain di Indonesia.


Related Posts

Korlantas POLRI Resmi Meluncurkan Smart SIM
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.