Pembuatan Hujan Buatan Berpusat Di Pekanbaru


Pemerintah melakukan berbagai macam upaya, untuk mengatasi bencana kebarakan hutan dan lahan, yang terjadi di beberapa titik.





Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah, dengan membuat hujan buatan, sebagai upaya untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan yang semakin meluas.





Pemerintah menggunakan pesawat untuk menebarkan garam, yang akan digunakan untuk melakukan modifikasi cuaca, atau membuat hujan buatan.





Hujan Buatan Dipusatkan Di Pekanbaru





Melansir dari Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan, dalam menciptakan hujan buatan akan menggunakan dua pesawat yang ada di-pool Pekanbaru.





"Ada dua CASSA dari pesawat TNI AU, CN-235, satu Hercules itu di-pool di sini yang disiagakan, dimuati garam. Setiap saat ada laporan awan, terbang, bikin hujan buatan, berarti ada," kata Wiranto, di Pekanbaru, Riau, Senin (16/9).





Wiranto menambahkan, untuk memadamkan kebarakan lahan dan hutan di Provonsi Riau, sudah dilakukan 71.000 sorti penerbangan, dan sudah ada sekitar dua ratus juta liter air yang ditumpahkan.





Presiden Jokowi meminta agar hujan buatan di Pekanbaru ini, dapat terus dilakukan dalam jumlah yang lebih besar. Prsiden juga meminta agar pasukan yang menangani Karhutla di Provinsi Riau bisa ditambah lagi.





"Pasukan pun juga sudah kita tambahkan, saya perintahkan hari Jumat untuk ditambah ke sini," kata Jokowi.





Jokowi juga menegaskan kembali terkait dukungan dari pemerintah daerah. Karena seberapa besar pun upaya pemerintah pusat untuk menangani karhutla, maka tidak akan maksimal jika tidak didukung oleh upaya-upaya pencegahan oleh pemerintah daerah.


Related Posts

Pembuatan Hujan Buatan Berpusat Di Pekanbaru
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.