Perbedaan Hotel Dan Hostel Yang Perlu Diketahui


Hotel dan hostel adalah jenis tempat menginap, yang sering menjadi pilihan bagi para wisatawan. Demi mendapatkan kenyamanan saat bermalam, tentu saja setiap wisatawan ingin tempat menginap yang layak.





Sebelum melakukan perjalanan wisata, sebaiknya para wisatawan mempersiapkan terlebih dahulu segala kebutuhan yang dibutuhkan. Hal ini termasuk juga di dalamnya adalah tempat menginap.





Hotel dan Hostel memang terdengar mirip berdasarkan cara mengejanya, tapi sebenarnya keduanya memiliki perbedaan yang sangat mencolok.





Perbedaan Hotel Dan Hostel





Hotel adalah tempat menginap, yang dilengkapi dengan beragam fasilitas pendukung. Hotel sering kali menyediakan beragam fasilitas yang mewah dan lengkap.





Sementara hostel, memang masih disediakan beberapa fasilitas pendukung, hanya saja fasilitasnya tidak semewah dan selengkap hotel.





Dari kedua jenis penginapan ini, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Wisatawan bisa memilih jenis penginapan tergantung kebutuhan.





Namun sebelum memilih hostel atau hotel sebagai tempat menginap, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu perbedaan antara keduanya.





Perbedaan Hostel dan Hotel
hotel-bcn40barcelona.com




Berdasarkan Sejarahnya





Melansir dari laman Reader's Digest, hotel adalah penginapan yang sudah ada lebih dulu dibandingkan hostel. Karena diketahui hotel sudah ada sejak abad ke-16.





Sementara hostel pertama kali ditemukan pada tahun 1900-an. Konsep hostel sendiri pertama kali ditemukan oleh guru asal Jerman, Richard Shirrmaan.





Guru ini berfikir bagaimana caranya menyediakan tempat menginap, bagi murid-muridnya yang melakukan studi kunjungan lapangan. Lalu sang guru membuat tempat menginap berupa asrama sementara.





Model asrama inilah yang kemudian diadopsi menjadi penginapan yang disebut hostel.





Suasana Yang Berbeda





Dari segi suasananya sendiri, hostel dan hotel memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Hotel sendiri merupakan tempat penginapan, yang cenderung privat dan sering kali disediakan fasilitas yang mewah.





Tingkat kenyamanan yang dimiliki hotel sudah pasti lebih tinggi. Setiap tamu bisa memilih kamar sesuai keinginan mereka, dan memilih fasilitas yang dibutuhkan.





Sementara hostel adalah penginapan yang tidak privat, karena setiap tamu bisa berbagi kamar dengan tamu lainnya. Biasanya kamar hotel memiliki ukuran yang lebih besar, karena akan tersedia banyak tempat tidur.





Perbedaan Fasilitas Yang Disediakan





Perbedaan hotel dan hostel lainnya yang mencolok, terletak pada fasilitas yang disediakan. Hotel sendiri kerap dilengkapi dengan beragam fasilitas yang lengkap, seperti televisi, WiFi, kulkas mini di dalam kamar, air panas, hingga pengering rambut.





Sementara di hostel kamu tidak akan bisa mendapatkan fasilitas selengkap itu. Tapi beberapa hostel biasanya sudah menyediakan fasilitas televisi, yang bisa digunakan bersama-sama dengan tamu lainnya.





Itulah dia perbedaan hostel dan hotel, yang sering menjadi pilihan tempat menginap. Bagi kamu yang ingin berpergian, kamu bisa memilih tempat menginap sesuai budget dan kebutuhan.





Jika kamu ingin fasilitas lebih lengkap, maka kamu bisa memilih hotel sebagai tempat menginap. Tapi jika budget kamu pas-pasan, maka kamu bisa memilih hostel sebagai tempat menginap.


Related Posts

Perbedaan Hotel Dan Hostel Yang Perlu Diketahui
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.