Perluasan Ganjil Genap, Penumpang Transjakarta Melonjak


Perluasan sistem ganjil genap di Jakarta sudah memasuki hari yang kedua. Dengan diperluasnya sistem ini, juga memberikan dampak terhadap peningkatan penumpang transportasi umum, termasuk Transjakarta.





Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, di hari pertama perluasan sistem ganjil genap, penumpang Transjakarta meningkat hingga 892 ribu. Jika ditambah dengan penumpang MRT, diyakini bisa mencapai 1 juta penumpang.





“TransJakarta itu 892 ribu per hari kemarin. Artinya hampir 900 ribu menggunakan TransJakarta. Ditambah dengan MRT berarti hampir 1 juta orang menggunakan kendaraan umum, itu adalah sebuah rekor”.

Anies Baswedan




Angka penumpang Transjakarta yang disebut oleh Anies, mengalami peningkatan dari jumlah sebelumnya saat dilakukan uji coba.





Pengguna Transjakarta Meningkat





Berdasarakan data dari TransJakarta, rata-rata jumlah penumpang selama uji coba, tiap harinya mencapai 840 ribu penumpang. Sementara sebelum dilakukan perluasan ganjil genap, jumlah penumpang mencapai 773 ribu penumpang.





Meningkatnya jumlah penumpang TransJakarta ini, disebabkan oleh banyaknya pengguna kendaraan pribadi, yang mulai beralih menggunakan kendaraan umum.





Lonjakan pengguna kendaraan umum ini, tidak lepas dari diberlakukannya perluasan ganjil genap sejak Senin, 9 September kemarin.





Perluasan ganjil genap ini juga dikaitkan dengan menurunnya kualitas polusi udara Jakarta. Tapi Anies mengatakan, bahwa penurunan polusi tidak bisa diukur hanya dalam 1-2 hari saja.





Selain itu, Anies juga menegaskan bahwa pihaknya saat ini tengah berfokus untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, dan beralih ke transportasi umum.





Jika pengurangan penggunaan kendaraan pribadi bisa dilakukan secara konsisten dalam jangka panjang, maka kualitas udara ibu kota juga akan ikut membaik.





Karena menurutnya, meningkatkan jumlah pengguna kendaraan umum, akan mengurangi pengguna kendaraan pribadi. Sehingga dapat mengurangi emisi karbon yang mencemari udara Jakarta.


Related Posts

Perluasan Ganjil Genap, Penumpang Transjakarta Melonjak
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.