Resmi Dirilis, Inilah Fitur Terbaru Android 10


Google telah resmi meluncurkan versi terbaru dari sistem operasi Android. Kali ini Google tidak lagi menggunakan nama makanan untuk menamakan versi OS Android, melainkan menggunakan angka.





Bukan Android Q yang digunakan sebagai nama OS Android terbaru ini, karena OS ini diberi kode nama Android 10.





Google baru saja merilis Android 10 melalui jalur over-the-air (OTA), untuk sejumlah smartphone Google Pixel dan Essential Phone. Kini pengguna smartphone-smartphone tersebut, sudah bisa mencoba versi resmi dari Android 10.





Fitur Terbaru Android 10





Sistem operasi Android versi terbaru ini, membawa beberapa fitur yang belum pernah ada pada versi Android terdahulu.





Seperti biasa, setiap ada pembaruan pada sistem operasi besutan Google ini, selalu saja dibarengi dengan dirilisnya beberapa fitur terbaru.





Adapun beberapa fitur terbaru Android 10, antara lain adalah.





1. Smart Reply





Pada Android 10, pengguna bisa lebih mudah membalas pesan singkat berupa chat atau SMS. Karena OS ini sudah dilengkapi fitur smart reply, yang bisa memprediksi kata-kata jawaban, untuk pesan teks yang muncul pada notifikasi.





Adanya fitur ini, membuat pengguna tidak perlu mengetikkan balasan dari pesan tersebut. Karena Android 10 sudah memprediksi kata-kata yang hendak ditulis pengguna.





2. Dark Theme





Mode gelap belakangan ini sering kali ditemukan di beberapa aplikasi Android. Mode gelap dapat meminimalisir radiasi yang dipancarkan layar ponsel.





Android 10 memiliki tema gelap, atau yang biasa disebut Dark Mode. Jika mode gelap diaktifkan, maka semua aplikasi bawaan Google otomatis akan menggunakan mode gelap.





3. Focus Mode





Fitur ini biasanya ditemukan pada smartphone gaming, yaitu gaming mode. Dimana ketika mode gaming diaktifkan, maka pengguna tidak akan terganggu dengan munculnya notifikasi yang masuk.





Jika pengguna ingin fokus pada beberapa aplikasi dalam jangka waktu tertentu, maka pengguna bisa mengaktifkan fitur focus mode.





4. Gesture Navigation





Fitur Android 10 lainnya adalah Gesture Navigation. Fitur ini akan menggantikan tombol task, home dan back, yang sering ditemukan di bagian bawah layar.





Fitur ini kabarnya memiliki cara kerja yang mirip dengan tombol navigasi mengapung milik iOS.





Itulah dia beberapa fitur terbaru yang ada di Android 10. Untuk saat ini baru beberapa ponsel terbaru saja, yang bisa menikmati sistem operasi Android terbaru tersebut.





Google akan merilis Android 10 untuk beberapa jenis smartphone lainnya secara bertahap.


Related Posts

Resmi Dirilis, Inilah Fitur Terbaru Android 10
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.