Sering Makan Ikan Mentah, Pria Ini Alami Clonorchiasis


Sushi dan Sashimi adalah salah satu makanan khas Jepang, yang banyak disukai. Bahkan saat ini, masakan khas Jepang tersebut sudah bisa ditemukan di luar negara Jepang.





Sudah ada banyak restoran-restoran yang menyediakan menu Sushi atau Sashimi. Rasa dan bentuk dari makanan tersebut dibuat semirip mungkin dengan yang ada di negara asalnya.





Sushi berbeda dengan Sashimi. Sashimi didominasi dengan daging ikan segar yang masih mentah. Sementara Sushi biasanya menggunakan daging ikan yang sudah dibakar atau digoreng.





Bahaya Makan Daging Ikan Mentah





Sering Konsumsi Ikan Mentah Pria Ini Alami Clonorchiasis
britannica.com




Daging ikan pada sajian Sashimi, memang seharusnya diolah dengan cara khusus, agar bakteri pada daging ikan tersebut mati.





Jika bakteri masih bersemayam pada daging ikan, maka bisa termakan oleh manusia, dan bisa mengendap di dalam tubuh.





Hal tragis terjadi pada seorang pria asal Cina bernama Lin, yang gemar sekali mengkonsumsi daging ikan mentah pada sajian Sashimi.





Namun na'as, ia justru mengalami Clonorchiasis, karena kegemarannya makan ikan mentah. Clonorchiasis adalah kondisi dimana cacing-cacing clonorchis sinensis menyerang saluran antara hati dan empedu.





Kejadian ini baru disadari ketika Lin di bawa ke rumah sakit. Sebelumnya pria malang ini mengalami demam tinggi, muntah dan batuk parah secara terus-menerus.





Bahkan suhu badannya meningkat hingga 39 derajat Celcius selama 10 hari.





Dokter yang memeriksanya mengatakan, bahwa penyakit yang ia derita disebabkan oleh larva parasit pada daging ikan mentah yang sering ia makan.





Larva-larva parasit tersebut kemudian menetas di dalam usus, lalu menetap di saluran empedu. Larva pada saluran empedu tersebut, bisa bertahan hidup dalam tubuh manusia selama 20 hingga 30 tahun.





Sebelumnya Lin menganggap daging ikan mentah yang ia makan selama ini, sudah terbebas dari parasit. Menurutnya dengan menambahkan mustard pada ikan mentah, dapat membunuh parasit.


Related Posts

Sering Makan Ikan Mentah, Pria Ini Alami Clonorchiasis
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.