Tak Selalu Babi, Ini Arti Bacon Sebenarnya


Ketika sedang berbelanja di supermarket besar, pada rak daging biasanya kita bisa menemukan daging olahan yang disebut Bacon. Biasanya Bacon diiris tipis memanjang, dan dibungkus dalam kemasan vakum.





Selama ini banyak orang yang tahu, bahwa Bacon adalah olahan daging tipis yang menggunakan daging babi sebagai bahan utamanya.





Tapi sebenarnya tidak semua Bacon dibuat menggunakan daging babi. Karena ada juga jenis Bacon yang dibuat dari daging ayam dan sapi.





Arti Bacon Sebenarnya





Arti Beef Bacon Adalah
tokopedia.com




Bacon awalnya menjadi sebutan, untuk olahan daging babi bagian perut atau punggung, yang disebut dengan istilah Pork Bacon.





Daging bagian perut dan punggung babi tersebut, kemudian diiris tipis-tipis. Lalu daging diolah dengan cara diberi garam dan diasapkan.





Menu makanan ini sering kali terlihat, sebagai menu sarapan di Eropa. Biasanya daging tipis ini disajikan bersama telur dan juga sosis.





Bacon memang identik dengan babi, sehingga kebanyakan orang lebih tahu bahwa Bacon adalah olahan daging babi.





Jenis-jenis Bacon





Tapi kini di Indonesia sudah tersedia varian bacon, yang berbahan dasar daging lain, seperti daging sapi atau daging ayam.





Bacon berbahan dasar daging sapi yang disebut Beef Bacon. Beef Bacon memiliki warna cokelat kemerahan, sedangkan Pork Bacon berwarna lebih merah muda.





Beef bacon 100% terbuat dari daging sapi, tanpa sedikitpun campuran daging babi.





Sedangkan Bacon yang berbahan dasar daging ayam atau Chicken Bacon, warnanya cenderung cokelat dan mulus. Karena daging ayam tidak memiliki serat, layaknya daging sapi.





Tekstur daging yang tipis, dengan cara pengolahan yang diasapi dan diberi garam, membuat daging-daging tersebut juga disebut Bacon.


Related Posts

Tak Selalu Babi, Ini Arti Bacon Sebenarnya
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.