Taksi Online Di Jakarta Tetap Ikut Aturan Ganjil Genap


Perluasan ganjil genap masih menjadi polemik di kalangan masyarakat Jakarta. Mereka yang biasa menggunakan mobil pribadi, kini harus beralih menggunakan kendaraan umum.





Meskipun pemerintah sudah mulai memajukan fasilitas transportasi umum, tapi masih banyak masyarakat yang belum mau beralih menggunakan kendaraan umum.





Perluasan sistem ganjil genap di Jakarta, juga berdampak pada penyedia jasa taksi berbasis online. Karena banyak yang meresa keberatan dengan peraturan tersebut.





Supir taksi online mengeluh pendatapan mereka berkuran, karena tidak bisa melintasi area yang diberlakukan ganjil genap.





Taksi Online Tidak Dibebaskan Dari Sistem Ganjil Genap





Taksi Online Tetap Ikut Aturan Ganjil Genap
detik.com




Para pengemudi taksi online sebelumnya sempat menggelar unjuk rasa, untuk meminta kelonggaran peraturan ganjil genap. Mereka ingin diberikan kebebasan untuk melintasi jalan yang diberlakukan sistem ganjil genap.





Kepala Subdirektorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP M. Nasir mengatakan, bahwa Dirlantas Polda Metro Jaya, sudah mengundang pihak taksi online, untuk melakukan pembicaraan.





Tapi sayangnya pertemuan tersebut tidak membuahkan kesepakatan antara masing-masing pihak.





Pihak Dirlantas Polda Metro Jaya mengajukan satu syarat, jika taksi online ingin bebas dari ganjil genap, maka mereka harus menggunakan plat kuning. Tapi mereka tidak berkenan menggunakan plat kuning.





Sejak dilakukan perluasan ganjil genap pada senin (9/9/2019), memang ada beberapa kendaraan yang dikecualikan. Tapi taksi online tidak termasuk di dalamnya.





Penyandang disabilitas adalah yang mendapatkan pengecualian, dan diberikan sticker khusus pada kendaraannya. Pihak taksi online juga ingin diberikan pengecualian, dan diberikan sticker khusus.





Tapi AKBP M. Nasir mengatakan, bahwa dasar penerbitan sticker tersebut bukan dari Ditlantas Polda Metro Jaya. Tapi dasarnya adalah peraturan Menteri Perhubungan atau Korps Lalu Lintas Polri.





Setelah dikaji, ternyata sticker pengecualian ganjil genap untuk taksi online, memang tidak bisa diterbitkan, karena tidak memiliki ketetapan hukum.


Related Posts

Taksi Online Di Jakarta Tetap Ikut Aturan Ganjil Genap
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.