6 Cara Cek KTP Online Mudah dan Cepat


E-KTP singkatan dari Kartu Tanda Penduduk Elektronik. Setiap penduduk hanya diperbolehkan memiliki satu KTP yang tercantum pada Nomor Induk Kependudukan (NIK).





Untuk lebih jelasnya KTP adalah kartu kependudukan baru yang dikeluarkan pemerintah yang dilindungi oleh sistem informasi yang akurat, aman, tertib administratif.





Karena langsung terintegrasi dengan database kependudukan di kementrian dalam negeri (Kemendagri) pusat.





Jadi, meskipun orang tersebut tinggalnya berpindah-pindah atau memiliki alamat rumah lebih dari satu. KTP setiap penduduk harus satu tidak boleh lebih dari itu.





Cara Cek KTP Online Dengan Mudah





Kemajuan teknologi yang begitu pesat seperti sekarang, sangat memudahkan kamu untuk memastikan apakah NIK yang terdapat dalam e-KTP sudah tersimpan dalam database kependudukan atau belum.





Berikut telah kami berikan beberapa cara cek KTP online paling mudah yang bisa kalian gunakan.





cek-ktp-online-lewat-website-resmi-Disdukcapil




1. Akses langsung di Website Pemerintah Daerah atau Dinas Terkait





Cara cek KTP Online yang pertama yaitu mengecek status KTP lewat situs web resmi pemerintah daerah atau dinas terkait seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) tingkat kota/kabupaten di mana tempat kamu mengurus KTP.





Caranya sendiri sangat mudah sekali yaitu buka terlebih dahulu laman Disdukcapil daerah terkait lalu masukkan nomor NIK yang ada pada e-KTP ke kolom yang tersedia. Setelah itu lalu klik tombol cek dan tunggu beberapa saat sampai data pribadi e-KTP kamu muncul.





Jika masih belum muncul, berarti NIK kamu belum terdaftar dengan sistem e-KTP atau bisa jadi karena ada kesalahan teknis.





2. Menggunakan Card Reader E-KTP





Cara yang kedua kamu bisa memanfaatkan Card Reader. Alat ini akan membaca chip yang ada di dalam e-ktp dengan cepat sehingga pengecekan data terasa mudah.





Namun, di balik kelebihannya terdapat kekurangan, yaitu alat ini hanya dapat ditemui dan digunakan hanya di kantor Disdukcapil. Alhasil, jika kamu ingin menggunakan metode ini kamu harus pergi ke kantornya.





cek-e-ktp-online-lewat-card-reader




3. Melalui Aplikasi cek KTP ID dan NIK Online





Jika kamu ingin menggunakan cara ketiga ini, pastikan terlebih dahulu kamu telah mendownload aplikasinya melalui google play atau Appstore. Setelah kamu mengunduh aplikasinya, kamu bisa langsung melakukan pengecekan NIK dan klik cek/cari.





Tunggu beberapa menit, maka hasil dari pencaharian kamu akan keluar beserta identitas lengkapmu. Sangat praktis dan bisa dilakukan di manapun dan kapanpun.





Jika belum tersedia data kamu mohon untuk melapor ke dinas terkait untuk diperbaharui atau dimasukan datamu.





4. Melalui Media Sosial Facebook atau Twitter





Cara ini kamu bisa gunakan lewat akun Facebook atau Twitter Disdukcapil. Namun, sebelum menggunakan cara ini terlebih dahulu kamu harus mencari tahu akun resmi dari Disdukcapil yang benar-benar dikelola oleh dinasnya.





Mengapa harus benar-benar dipastikan itu adalah akun asli? Karena jika kamu mengirimkan data pribadi ke pada orang yang salah akan sangat berbahaya sekali, bisa mengundang hal-hal yang tidak diinginkan.





Jika kamu sudah mendapatkan akun Disdukcapil yang asli kamu dihimbau untuk mengirimkan data pribadi kamu lewat fitur private message atau direct message agar data kamu aman.





5. Melalui SMS atau WhatsApp





Selanjutnya, cara ini terbilang sangat mudah dan praktis sekali. Kamu hanya tinggal mengirimkan pesan melalui SMS atau WhatsApp.





Jika kalian ingin menggunakan langkah ini, sertakan NIK, Nama lengkap, Nomor KK, nomor telepon dalam isi pesannya.





6. Melalui Email





Cara yang terakhir ini kamu bisa mengirimkan email kepada orang Dissukcapil. Namun, bila kamu menggunakan cara ini harus bersabar karena prosesnya yang lumayan agak lama bila dibandingkan dengan cara yang telah dijelaskan diatas.





Biasanya pesan baru diproses sekitar 24 jam setelah kamu mengirim email kepada instansi terkait.





Diatas itulah 6 cara mudah cek KTP Online yang dapat kamu gunakan. Mulai sekarang cek KTP kamu apakah sudah terdaftar resmi atau belum.





Karena NIK itu sangat diperlukan dalam berbagai kehidupan seperti ketika kalian ingin mencetak paspor, Surat Izin Mengemudi (SIM), Nomor Wajib Pajak (NPWP), Polis Ausransi, Sertifikat Hak Tanah dan penerbitan dokumen identitas lainnya.


Related Posts

6 Cara Cek KTP Online Mudah dan Cepat
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.