6 Cara Menggemukan Badan Namun Tetap Sehat


Banyak dari sebagian orang ingin menaikan berat badan namun sangat susah sekali. Hingga banyak yang memakai cara obat obatan agar naik berat badan.





Buat kamu yang memiliki tubuh kurus dan tidak terisi walau sudah makan banyak. Kalian boleh coba cara yang akan kami berikan di bawah ini.





Ikuti cara dibawah ini secara teratur dijamin kamu bisa gemuk namun dengan tubuh yang sehat. Bukan gemuk tapi banyak lemak yang tidak bagus terisi di tubuh kita.





Cara Menggemukan Badan Namun Tetap Sehat





Berikut ini yang perlu dilakukan jika ingin menggemukkan badan dengan cara sehat.





1. Makan Porsi Kecil Namun Sering





makan-porsi-kecil-namun-sering




Jika berat badan kamu kurang, mungkin kamu sudah sering kenyang dan jadi jarang buat makan lagi. Dengan cara makan porsi kecil namun sering ini bisa untuk cepat menambahkan berat badan kamu.





Pada berat badan sehat, tubuh akan memecah cadangan glukosa dan lemak untuk dijadikan energi. Tapi bagi orang yang sangat kurus (underweight), tubuh hampir tidak memiliki cukup simpanan dari keduanya.





Sehingga untuk bisa terus berfungsi, tubuh langsung menargetkan jaringan otot untuk dipecah sebagai cadangan energi darurat. Cara terbaik demi mencegah tubuh kamu kehilangan massa otot dan setiap jaringan penting lainnya adalah dengan makan secara teratur.





Maksudnya makan porsi kecil namun sering disini adalah makan 5-6 porsi kecil yang berjarak 3-5 jam sepanjang hari daripada langsung dua atau tiga kali makan besar.





2. Variasikan Jika Kamu Makan





Maksudnya disini ada setidaknya 3 kelompok makanan berbeda dalam piring makan kamu. Jika kamu ingin memakan nasi variasikan dengan 3 jenis lauk seperti ayam, lalu oseng kentang balado dengan sayur sop misalkan.





Semakin bervariasi isi piring makan kamu, semakin bervariasi pula asupan kalori dan nutrisi yang tubuh kamu perlukan.





3. Pilih Makanan Tinggi Kalori





Karena dengan makan yang berkalori tinggi maka kamu akan cepat menggemukan badan. Namun jangan sembarangan. Produk lemak hewani memberikan asupan nutrisi dan lemak tinggi, tapi juga mengandung lemak jenuh yang dapat meningkatkan kolesterol jahat.





Pilihlah sumber lemak nabati dari kacang dan biji-bijian, keju, alpukat, jagung, oatmeal, kentang, sup krim, dan minyak alami seperti minyak zaitun untuk mendapatkan asupan lemak sehat sarat nutrisi dan kalori.





Masukkan juga telur dan ikan berlemak seperti salmon, tuna, atau sarden sebagai pengganti daging merah. Ikan berlemak lebih tinggi kalorinya dan mengandung asam lemak omega-3 yang menyehatkan.





Kamu juga bisa mencoba cemilan dengan greek yogurt memakai topping granola dan muesli serta buah-buahan kering. Greek yogurt mengandung protein yang lebih tinggi daripada susu biasa dan juga lebih kaya serat, lemak baik, dan kalorinya.





4. Minum Jus atau Smoothie Mengenyangkan





Sebaiknya tinggalkan minuman yang cepat jadi seperti kopi, teh, dan juga soda terlalu banyak. Jika kamu sedang malas dengan makanan kamu bisa coba membuat jus buah atau smoothie yang tinggi kalori.





Kamu bisa meracik smoothie pengganti makan kamu dengan susu full cream (atau pengganti susu, seperti susu kedelai atau susu kacang lainnya) dan variasi buah segar favorit kamu. Untuk tambahan kalori, kamu bisa mencampur chia seed, almond butter atau selai kacang, atau protein powder ke dalam smoothie kamu.





cara-gemuk-makan-sebelum-tidur




5. Makan Sebelum Tidur





Saat tidur, tubuh bekerja untuk menyembuhkan dan meregenerasi sel dan jaringan yang rusak. Untuk mendukung fungsi tubuh yang satu ini, sah-sah saja untuk makan sebelum tidur demi menjamin pasokan energi tetap tersedia bagi tubuh yang sedang sibuk bekerja.





Namun, makanan yang bagus dan sehat disini pilih cemilan yang menyehatkan. Misalnya, semangkuk salad yang dicampur pasta gandum dan minyak zaitun serta irisan dada ayam dan parutan keju.





6. Rutin Olahraga





Dengan kamu berolahraga secara teratur itu bisa membantu kamu menggemukan badan dan menguatkan otot-otot tubuh. Olahraga juga merangsang nafsu makan kamu.





Olahraga juga bisa membakar lemak yang jahat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh kamu.





Diatas itulah cara menggemukan badan namun dengan cara yang sehat. Buat kamu yang kurus kamu bisa mencoba cara diatas secara teratur dan efektif.


Related Posts

6 Cara Menggemukan Badan Namun Tetap Sehat
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.