7 Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan


Buah sirsak sendiri mudah kita temui di Indonesia dengan rasa yang manis dan asem serta menyegarkan. Bukan hanya buahnya saja ternyata daun sirsak pun dapat bermanfaat buat tubuh kita.





Manfaat daun sirsak bagi kesehatan sangat ampuh dalam hal mengobati penyakit. Dengan meminum rebusan daun sirsak mengandung acetogenin, yaitu senyawa yang ampuh menyingkirkan racun dalam tubuh dan menyembuhkan beragam penyakit.





7 Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan





Selain buah nya yang menyegarkan daun sirsak pun memiliki kandungan yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit, diantaranya:





1. Mengobati Kanker





Penyakit kanker merupakan penyakit yang sangat menakutkan sekali. Walaupun tidak menular namun penyakit ini bisa membunuh bagi penderitanya bila tak diobati.





Dengan kandungan daun sirsak ini yang memiliki kemampuan menghambat sel kanker lebih cepat dan efektif dibandingkan kemoterapi.





Studi yang dilakukan di Universitas Nebraska menemukan, ekstrak graviola yang ada dalam daun sirsak ampuh mengurangi risiko perkembangan kanker pankreas yang mematikan.





Untuk merasakan hasil yang optimal, kamu cukup merebus 10 lembar daun sirsak dengan tiga gelas air. Rebus hingga hanya tersisa segelas air saja.





Ramuan ini bisa diminum dalam keadaan hangat maupun dingin. Minumlah setiap pagi agar manfaatnya cepat terasa.





2. Mengobati Asam Urat





manfaat-daun-sirsak-bagi-penyakit-asam-urat




Selain untuk kanker daun sirsak ini juga bisa menyembuhkan penyakit asam urat. Karena kandungan acetogenin dalam daun sirsak juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati asam urat.





Caranya mudah, rebuslah 10 lembar daun sirsak dan usahakan pilih daun yang agak tua. Rebus dalam tiga gelas air hingga tinggal tersisa segelas saja.





Minum setiap pagi hari agar khasiatnya dapat lebih optimal. Agar hasilnya maksimal kamu harus rutin melakukannya.





3. Sembuhkan Kista Ovarium





Kista ovarium atau disebut juga tumor jinak bisa mengenai wanita manapun, jika dibiarkan bisa berkembang menjadi kanker. Dengan daun sirsak bisa mengatasinya dengan meminum rebusan air daun sirsak secara teratur setiap pagi hari.





4. Mengobati Kolesterol





manfaat-daun-sirsak-bagi-kolesterol




Dengan merebus lalu meminum air rebusan daun sirsak, kamu juga bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi yang bisa menyebabkan penyakit serius.





Sama dengan sebelumnya, kamu cukup merebus 10 lembar daun sirsak yang agak tua. Saat airnya hanya tinggal segelas, kamu bisa meminumnya di pagi hari dalam keadaan hangat atau dingin untuk hasil yang maksimal.





5. Mengobati Diabetes





Senyawa yang ada pada daun sirsak sudah terbukti dapat menstabilkan jumlah kadar gula darah pada tubuh manusia dan menjadikannya normal.





Hal ini disebabkan daun sirsak kaya akan kandungan antioksidan seperti senyawa polifenol, saponin, dan bioflavonoid. Antioksidan berguna untuk melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas dan penyakit serius yang mengintai tubuh setiap saat.





6. Meningkatkan Kesuburan





manfaat-daun-sirsak-bagi-kesuburan




Buat kamu pasangan yang baru menikah dan ingin cepat memiliki bayi di dalam keluarganya. Namun, dalam suatu kondisi hal menghambat misalnya kondisi sperma dan sel telur yang kurang mendukung.





Kondisi ini ternyata bisa diatasi dengan cara meminum daun sirsak, kandungan nutrisi yang ada didalamnya sangat ampuh memberikan gizi yang sehat pada sel telur dan sperma.





Caranya kamu bisa menyediakan 15 lembar daun sirsak yang tidak terlalu muda maupun tua, gula jawa atau madu dan daun salam atau sereh.





Cuci bersih daun sirsak lalu rebus dalam lima gelas air hingga airnya menyusut hanya tinggal dua gelas. Lalu kamu bisa menambahkan gula jawa atau madu dan daun salam agar rasanya lebih enak dan aromanya menggugah selera.





7. Menyingkirkan Kutu





Daun sirsak memang bermanfaat bagi manusia, namun di sisi lain sangat beracun bagi serangga atau parasit. Karena itulah daun sirsak dapat digunakan untuk menghambat dan membasmi kutu serta ketombe.





Caranya mudah dengan menggunakan air rebusan untuk mencuci rambut, diamkan selama beberapa saat lalu cuci rambut seperti biasa hingga bersih.





Dengan cara diatas ternyata daun sirsak ini memiliki manfaat yang banyak sekali. Kamu bisa mencoba caranya diatas ini namun harus teratur melakukannya agar hasilnya bisa dirasakan.


Related Posts

7 Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.