8 Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami


Sebelum mengetahui cara menghilangkannya kamu juga harus tau dahulu arti dari karang gigi tersebut. Karang gigi merupakan plak yang mengeras di permukaan gigi, biasanya ditemukan di atas garis gusi.





Ketika disentuh menggunakan lidah, karang gigi cenderung kasar. Plak yang masih tipis dapat dihilangkan dengan rutin menyikat gigi dan membersihkan gigi pakai benang (flossing).





Namun, beda ceritanya jika plak sudah tebal dan mengeras. Karang gigi yang tebel itulah yang sulit untuk dibersihkan.





Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami Tanpa Harus ke Dokter





Agar tidak semakin parah kamu bisa menghilangkan karang gigi dengan cara alami di bawah ini.





cara-bersihkan-karang-gigi




1. Sikat Gigi Dua Kali Sehari





Hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu dengan menyikat gigi sehari 2 kali. Para ahli menganjurkan setiap orang menyikat gigi sebanyak dua kali sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.





Supaya benar-benar bersih, sikatlah gigi kamu selama dua menit. Karena dengan menyikat gigi selama 2 menit kamu bisa membersihkan setiap bagian yang ada di gigi.





Mulai dari kanan, kiri, atas dan bawah setiap masing masing menyikat 30 detik agar bersih tanpa meninggalkan kotoran.





2. Sikat Gigi Dengan Cara Yang Benar





Walaupun sudah benar menyikat gigi 2 kali sehari namun dengan cara yang salah sama saja. Sikat gigi kamu harus benar dan sesuai agar kotoran yang menyempil bisa terangkat oleh sikat gigi.





Sikatlah gigi kamu dengan gerakan memutar dari atas ke bawah. Pastikan kamu menyikat setiap bagian gigi sehingga plak dan sisa makanan yang menempel akan hilang.





Mulai dari gigi geraham atau atau pada sisi belakang di salah satu sisi mulut. Jangan menyikat gigi terlalu keras karena akan mengikis permukaan luar gigi (enamel) yang jadi pemicu gigi sensitif.





3. Bersihkan Gigi Dengan Benang





Cara yang perlu kamu lalukan untuk menghilangkan plak pemicu karang adalah membersihkan gigi dengan benang (dental floss). Benang gigi efektif untuk membersihkan sela-sela dan bagian terdalam gigi yang sulit dijangkau oleh blu sikat.





Rutin membersihkan gigi dengan benang juga dapat mengurangi risiko penyakit gusi dan bau mulut.





Membersihkan gigi dengan benang idealnya dilakukan setelah menyikat gigi. Geseklah benang secara perlahan ke sela sela gigi kamu dan jangan terlalu keras.





bersihkan-lidah-untuk-karang-gigi




4. Bersihkan Lidah





Kenapa lidah juga menjadi bagian untuk membersihkan karang gigi. Karena Tahukah kamu bahwa 50 persen bakteri dalam mulut ternyata bersarang di permukaan lidah?





Maka dari itu, membersihkan lidah juga perlu jadi bagian dari rutinitas kita sehari-hari. Campuran air liur dan bakteri dapat membentuk plak di atas permukaan lidah.





Cara terbaik dan paling efektif untuk menghilangkan plak yang menempel di permukaan lidah adalah dengan menyikat lidah. Kamu bisa menggunakan sikat khusus lidah yang banyak dijual di pasaran.





5. Pilih Sikat dan Pasta Gigi Yang Tepat





Pilihlah sikat gigi yang memiliki bulu halus dan lembut. Sesuaikan kepala gigi dengan lebar mulut kamu. Jadi, pastikan bila kepala sikat tidak terlalu kebesaran atau kekecilan.





Penting juga untuk memilih sikat yang gagangnya nyaman ketika digenggam. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk menyikat gigi dengan teknik yang benar.





Untuk pasta giginya, pilih yang mengandung fluoride. Senyawa satu ini dapat membantu membersihkan plak penyebab karang gigi.





Tak hanya itu. Fluoride juga efektif melindungi dan menjaga permukaan gigi dari kerusakan.





berkumur-agar-menghilangkan-karang-gigi




6. Gunakan Obat Kumur





Berkumur pakai mouthwash alias obat kumur juga jadi cara tepat untuk menghilangkan karang gigi. Obat kumur dapat membantu merontokkan plak, kotoran, dan sisa-sisa makanan yang menempel di permukaan gigi.





Bonusnya, obat kumur juga dapat membantu menyegarkan aroma napas kamu. Dengan begitu, kamu jadi terhindar dari risiko bau mulut.





Hindari obat kumur yang mengandung alkohol karena dapat menyebabkan mulut kering. Pastikan pula bahwa produk obat kumur yang kamu gunakan telah terdaftar di Badan POM agar menjamin keamanannya.





7. Berhenti Merokok





Dengan merokok selain menyebabkan gangguan fungsi jantung dan paru-paru, merokok ternyata juga dapat menyebabkan masalah gigi dan mulut. Salah satunya, karang gigi bisa terjadi karena kamu sering merokok.





Kandungan bahan kimia dalam rokok dapat memicu pembentukkan karang gigi yang semakin banyak. Bahkan, karang gigi orang yang merokok cenderung berwarna hitam pekat ketimbang kamu yang tidak merokok.





8. Banyak Minum Air Putih





Cara terakhir yaitu dengan banyak minum air dapat membantu meningkatkan produksi air liur di dalam mulut. Karena Air liur berfungsi untuk menjaga kelembapan mulut dan meluruhkan plak dan sisa-sisa makanan yang ada di permukaan gigi.





Enzim yang terkandung dalam air liur juga dapat membantu melawan bakteri penyebab infeksi di mulut. Pada prinsipnya, minumlah air setiap kali kamu merasa haus. Supaya tidak cepat kembung, lebih baik minum sedikit-sedikit tapi sering.





Cara menghilangkan karang gigi satu ini terbilang murah dan mudah. Jadi, tak ada alasan untuk tidak minum air putih setiap hari.





Diatas itulah cara membersihkan karang gigi secara alami. Namun harus dilakukan setiap hari dan rajin agar terhindar dari kotoran yang menempal pada gigi.


Related Posts

8 Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.