Bambang Soesatyo, Terpilih Jadi Ketua MPR 2019-2024


Bambang Soesatyo atau yang akrab disapa Bamsoet, terpilih sebagai Ketua MPR untuk periode 2019-2024. Ia terpilih secara aklamasi, setelah didukung oleh 9 fraksi dan unsur kelompok dari DPD.





Jalan Bamsoet untuk menduduki kursi Ketua MPR tidak mudah. Pemilihan Ketua MPR yang dilaksanakan pada Kamis malam (3/10), banyak diwarnai interupsi dari sejumlah anggota sidang.





Sebelumnya Gerindra sempat memberikan perlawanan, dengan mengajukan Ahmad Muzani sebagai Ketua MPR. Tapi akhirnya lobi-lobi politik membuat Gerindra melunak.





Setelah dilakukan pembicaraan antara Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, dengan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarno Putri, akhirnya Gerindra sepakat untuk mendukung Bamsoet menjadi Ketua MPR.





Bamsoet Terpilih Jadi Ketua MPR





Pimpinan sidang paripurna MPR Abdul Wahab Dalimunthe, menyampaikan bahwa Bambang Soesatyo terpilih sebagai Ketua MPR, melalui musyawarah mufakat dan aklamasi.





"Secara musyawarah mufakat dan aklamasi, bapak Bambang Soesatyo terpilih menjadi ketua MPR," kata pimpinan sidang paripurna MPR, Abdul Wahab Dalimunthe, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis malam.





Sebelumnya Bamsoet didukung oleh 8 fraksi, yaitu Golkar, PDIP, Nasdem, PPP, PKB, PAN, PKS, Demokrat, serta dukungan dari DPD. Sedangkan Ahmad Muzani hanya didukung oleh Gerindra.





Tapi setelah adanya lobi-lobi politik, akhirnya Gerindra melunak, dan sepakat mendukung Bamsoet. Dengan adanya dukungan dari fraksi Gerindra, maka Bamsoet didukung oleh 9 fraksi.


Related Posts

Bambang Soesatyo, Terpilih Jadi Ketua MPR 2019-2024
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.