Cara Daftar BPJS Kesehatan Untuk Bayi Baru Lahir


Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, memiliki program jaminan kesehatan bagi bayi yang baru lahir.





Tidak banyak orang yang mengetahui hal ini, karena sosialisasinya lebih sering dilakukan di rumah sakit dan kantor BPJS Kesehatan saja.





Bagi orangtua yang layanan kesehatan bayinya ingin langsung dijamin oleh BPJS Keseahatan, maka orangtua harus mendaftarkan bayi ke BPJS Kesehatan.





Dengan adanya jaminan kesehatan dari BPJS Kesehatan, jika sang bayi mengalami gangguan medis, maka biaya perawatan dan obatobatannya, bisa langsung dijamin oleh pihak BPJS Kesehatan.





Cara Daftar BPJS Kesehatan Untuk Bayi Baru Lahir





Daftar BPJS Kesehatan Untuk Bayi Baru Lahir
firstcry.com




Pendaftaran bayi baru lahir sebagai peserta jaminan BPJS Kesehatan, merujuk pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2018, Tentang Jaminan Kesehatan.





Bayi yang dilahirkan oleh peserta jaminan BPJS Kesehatan, akan otomatis aktif sebagai peserta jaminan, jika didaftarkan sebagai peserta dalam waktu 28 hari setelah dilahirkan.





Perpres No. 82/2018, Pasal 16 ayat (1) menyebut, bayi baru lahir dari peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) wajib didaftarkan ke BPJS Kesehatan paling lama 28 hari sejak dilahirkan.





Dengan begitu, bayi yang baru dilahirkan akan mendapat manfaat jaminan kesehatan. Jika bayi tiba-tiba sakit, maka biayanya bisa ditanggung oleh BPJS Kesehatan.





Namun jika setelah 28 hari sejak bayi dilahirkan, ia masih belum didaftarkan sebagai peserta BPJS keseahtan, maka semua biaya pengobatan dan perawatan harus ditangggung oleh orangtuanya.





Sedangkan bagi orangtua yang terdaftar sebagai peserta JKN-KIS gratis, atau Penerima Bantuan Iuran (PBI), maka bayinya akan otomatis aktif sebagai peserta jaminan, setelah didaftarkan ke BPJS Kesehatan.





Syarat Daftar BPJS Kesehatan Untuk Bayi Baru Lahir





Ada beberapa persyaratan yang harus dibawa oleh orangtua, untuk mendaftarkan bayi yang baru lahir sebagai peserta jaminan BPJS Kesehatan, yaitu.





  • Surat keterangan lahir dari bidan atau rumah sakit
  • KTP Orangtua
  • Kartu Keluarga (KK) asli
  • Kartu JKN-KIS, atau kartu BPJS Kesehatan orangtua




Cara daftar BPJS Kesehatan untuk bayi yang baru dilahirkan sangat mudah. Cukup bawa dokumen tersebut ke kantor Cabang atau kantor Pusat BPJS Kesehatan. Lalu ambil nomor anterian untuk pelayanan.





Pastikan datang pagi-pagi, untuk mengambil nomor anterian. Karena nomor anterian akan ditutup pada pukul 11 siang. Sementara pelayanan di kantor BPJS Kesehatan akan terus dilakukan hingga selesai.





Note: Setelah melahirkan, orangtua harus segera mendaftarkan bayi ke BPJS Kesehatan, dalam waktu 3x24 jam, agar jaminan kesehatannya berlaku. Jika lebih dari batas waktu tersebut, maka jaminan tidak akan bisa diberikan, dan orangtua harus membayar biaya layanan kesehatan bayinya sendiri.





Jadi intinya, bayi yang baru dilahirkan sebaiknya segera didaftarkan dalam kurun waktu 3x24 jam, agar biaya layanan kesehatannya bisa dijamin BPJS Kesehatan.





Sementara untuk masa 28 sejak bayi dilahirkan, hanya berlaku untuk aktivasi kepesertaan bayi seara otomatis. Sehingga tidak perlu melawati masa verifikasi kelayakan pendaftaran selama 14 hari.





Denda pelayanan akan dikenakan jika bayi tidak segera didaftarkan dan membayar iuran, paling lambat 28 hari setelah ia dilahirkan.





Bayi yang lahir meninggal, tidak perlu didaftarkan, karena pihak rumah sakit tidak bisa menagih biaya layanan kesehatan bayi tersebut ke pihak BPJS Kesehatan.





Sedangkan bayi yang lahir hidup, dan kemudian meninggal selama didaftarkan dan bayar iuran dalam kurun waktu 28 hari, maka biaya pelayanan kesehatan bayi selama dirawat akan dijamin pihak BPJS Kesehatan.





Itulah dia cara daftar BPJS Kesehatan untuk bayi baru lahir. Tapi harus diingat, selain mendaftarkan, orangtua juga harus membayarkan iuran kepesertaan sang bayi, sesuai kelas perawatan yang didaftarkan.


Related Posts

Cara Daftar BPJS Kesehatan Untuk Bayi Baru Lahir
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.