Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Dengan Mudah


Hidung tersumbat memang kerap kali terjadi saat seseorang mengalami flu. Kondisi ini memang sangat mengganggu, karena bisa membuat orang jadi sulit bernafas.





Tentu saja kondisi ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain itu, kondisi hidung tersumbat, juga akan menyusahkan ketika penderitanya ingin tidur.





Hidung tersumbat, disebabkan oleh lendir, yang diproduksi secara berlebihan dari dalam tubuh.





Dalam kondisi sehat, lendir tersebut tidak akan mengganggu pernafasan. Tapi dalam keadaan flu, lendir tersebut akan jadi semakin pekat, kental, dan menyumbat pernafasan.





Cara Mengatasi Hidung Tersumbat





Mengatasi hidung tersumbat sebenarnya bisa dilakukan, dengan menggunakan semprotan hidung, atau inhealer hidung mampet, yang bisa dibeli di apotek.





Biasanya orang yang mengalami hidung mampet atau tersumbat, akan menggunakan inhealer untuk mengatasi masahnya tersebut.





Tapi tahu kah kamu, jika hidung tersumbat bisa diatasi dengan beberapa cara berikut ini.





1. Makan Makanan Pedas





Makanan Pedas Cara Mengatasi Hidung Tersumbat
Getty Images




Makan makanan pedas dipercaya bisa menghilangkan masalah hidung tersumbat. Karena pedasnya makanan, bisa merangsang lendir yang menyumbat menjadi encer. Sehingga lendir lebih mudah dibuang.





2. Menghirup Zat Aromatik





Menghirup Zat Aromatik Cara Mengatasi Hidung Tersumbat
karinereeve.com




Untuk mengatasi hidung tersumbat, bisa juga menggunakan zat aromatik, seperti minyak kayu putih, atau minyak angin yang mengandung mentol.





Hal ini sama seperti ketika menghirup inhealer hidung, yang biasanya mengandung mentol.





3. Bawang Merah





Bawang Merah Cara Mengatasi Hidung Tersumbat
regopantes.com




Selain diolah sebagai bumbu masakan, bawang merah juga banyak memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah untuk mengatasi hidung mampet atau tersumbat.





Cara menggunakan bawang untuk hidung mampet sangat mudah. Pertama, iris bawang menjadi 2 bagian, lalu hirup aroma bawang tersebut beberapa saat. Aroma bawang merah yang menyengat, akan merangsang lendir berubah jadi encer.





4. Posisi Tidur





Posisi Tidur Cara Mengatasi Hidung Tersumbat
canalchupete.com




Posisi tidur juga bisa mengatasi hidung yang tersumbat. Dalam kondisi hidung mampet, sebaiknya tidur dengan posisi kepala yang lebih tinggi dari badan.





Selain itu, tidurlah dengan memiringkan tubuh ke arah kanan, dengan begitu pernafasan tidak akan tersumbat oleh lendir, yang mengendap di saluran pernafasan.





Itulah dia cara mengatasi hidung tersumbat dengan beberapa langkah mudah. Dengan cara di atas, kalian tidak perlu bergantung lagi dengan inhealer saat hidung mampet.


Related Posts

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Dengan Mudah
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.