Cisco: Indonesia Baru Bisa Rasakan 5G Tahun 2023


Teknologi jaringan telekomunikasi, kini sudah masuk pada generasi 5G. Sejumlah negara besar di dunia sudah mempersiapkan diri, untuk menghadirkan jaringan 5G di negaranya.





Meskipun saat ini koneksi 5G belum menyeluruh, dan masih belum bisa diakses oleh semua orang, tapi teknologi ini sudah siap untuk dirilis dalam waktu dekat.





Sejumlah produsen smartphone seperti Samsung dan Huawei, juga sudah meluncurkan smartphone yang sudah mendukung jaringan 5G. Meskipun layanan 5G masih belum bisa dirasakan secara merata.





Indonesia Bisa Nikmati 5G Tahun 2023





Belum lama ini Managing Director and Service Provider Cisco untuk ASEAN, Dharmesh Malholtra mengatakan, bahwa Indonesia mungkin baru bisa menikmati layanan 5G pada tahun 2023 mendatang.





"Kemungkinan Indonesia baru bisa 2023, akan meluar pada tahun 2025 nanti" ucap Dharmesh.





Tentu saja hal itu bisa membuat Indonesia semakin tertinggal, soal urusan teknologi jaringan komunikasi, dengan negara-negara lain di ASEAN seperti Singapura.





Karena Singapura sendiri, dikabarkan akan melepas spektrum 5G sekitar 4 bulan hingga 6 bulan mendatang. Artinya Singapura sudah siap menyediakan layanan 5G, untuk warga negaranya dalam waktu dekat.





Pembangunan ifrastruktur yang diperlukan, agar jaringan 5G bisa hadir di Indonesia, membutuhkan waktu yang cukup lama. Oleh sebab itu, Dharmesh mengatakan, teknologi 5G di Indonesia baru akan hadir pada tahun 2023 mendatang.





"Pembahasan infrastruktur saja bisa 12 bulan. Jadi kira-kira 5G di Indonesia hadir pada tahun 2023" tutup Dharmesh.


Related Posts

Cisco: Indonesia Baru Bisa Rasakan 5G Tahun 2023
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.