Google Ikut Peringati Hari Batik Nasional


Hari ini Rabu (2/10) bertepatan dengan peringatan Hari Batik Nasional. Pada hari ini ada yang baru pada tampilan muka laman Google. Google Doodle hari ini bertema batik.





Logo Google pada laman situs pencarian itu, berubah dengan motif kain batik khas Indonesia. Pada logo Google versi batik tersebut, nampak 3 motif kain batik yang sering ditemukan di Indonesia.





Motif batik pada Google Doodle tersebut ada yang bermotif bunga, geometri dan parang. Dilansir dari laman Google, motif kain batik pada Google Doodle tersebut, dibuat langsung oleh seniman Lydia Nichols.





Seniman tersebut mempelajari langsung cara membuat batik. Nampak juga beberapa draft, dan langkah pembuatan kain batik bertuliskan Google, pada laman situs itu.





Google Doodle Bertema Batik





Hari Batik Nasional Google Doodle Bertema Batik
google.com




Google Doodle dengan tema batik tersebut, sengaja dibuat dan dipajang pada halaman depan Google, untuk memperingati Hari Batik Nasional di Indonesia.





Tanggal 2 Oktober ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional pertama kali oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Kala itu Presiden SBY menerbitkan Keputusan Presiden No.33 Tahun 2009, tentang Hari Batik Nasional pada tanggal 17 November 2009.





United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), telah menetapkan batik sebagai Warisan Budaya Dunia Kategori Lisan dan Non-Bendawi, pada tanggal 2 Oktober 2009, melalui putusan 24 negara yang menggelar sidang di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.





Setelah menerbitkan Perpu terkait Hari Batik Nasional, Presiden SBY pun menghimbau masyarakat Indonesia untuk mengenakan baju batik setiap tanggal 2 Oktober.


Related Posts

Google Ikut Peringati Hari Batik Nasional
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.