Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan


Buah mangga adalah salah satu buah yang cukup mudah ditemukan di Indonesia. Terutama ketika masuk musim mangga, sekitar bulan Oktober hingga Desember.





Buah mangga terdiri dari berbagai macam jenis. Di Indonesia sendiri jenis-jenis mangga yang sering ditemukan antara lain adalah, mangga harum manis, mangga indramayu, mangga kuweni, dan mangga manalagi.





Buah yang berasal dari Asia Selatan ini, termasuk buah musiman yang banyak disukai oleh berbagai kalangan usia.





5 Manfaat Buah Mangga





Buah yang biasanya memiliki daging buah berwarna kuning ini, banyak mengandung nutrisi, seperti vitamin A, C dan E, folat, B6, zat besi, kalsium, serat, dan rendah kalori.





Kandungan phytochemical yang terdapat di dalam buah mangga, berguna sebagai antioksidan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.





Ada pula ragam manfaat buah mangga lain yang baik untuk kesehatan, di antaranya adalah:





1. Mengatasi Obesitas





Manfaat Buah Mangga Mengatasi Obesitas
uofmhealth.org




Buah mangga dipercaya dapat mengatasi penyakit obesitas (kegemukan), jika dikonsumsi secara rutin. Kandungan serat yang dimiliki buah ini, bisa membantu melancarkan pencernaan dan menurunkan kalori.





2. Mencegah Kanker





Manfaat Buah Mangga Mencegah Kanker Prostat
hellosehat.com




Mangga memiliki kandungan pektin, yaitu serat makanan yang larut dalam darah, dan dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.





Kandungan pektin di dalam mangga, berguna untuk mencegah berkembangnya sel kanker prostat. Menurut hasil penelitian The European Prospective Investigation of Cancer, ada hubungan erat antara buah mangga, dengan menurunnya resiko kanker.





3. Menjaga Kesehatan Jantung





Manfaat Buah Mangga Menjaga Kesehatan Jantung
jawapos.com




Buah mangga mengandung kalium, yang bermanfaat bagi tubuh. Kalium mampu menyeimbangkan sel cairan tubuh, untuk mengontrol tekanan darah ke jantung.





Mengkonsumsi mangga secara rutin, dipercaya dapat meningkatkan kesehatan jantung.





4. Mencegah Jerawat





Manfaat Buah Mangga Mencegah Jerawat
theshonet.com




Mangga juga berguna untuk mencegah jerawat, dengan cara mengoleskan bulir mangga ke wajah. Bulir mangga dapat membersihkan pori-pori, dan mencegah masalah komedo serta jerawat.





Ekstrak buah mangga juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Khususnya bagi yang memiliki kulit wajah berminyak, sebaiknya gunakan mango butter sebagai pelembap, untuk mencegah masalah kulit sensitif.





5. Meningkatkan Sel Darah Merah





Manfaat Buah Mangga Meningkatkan Sel Darah Merah
healthengine.com.au




Buah mangga sangat baik dikonsumsi oleh penderita anemia, karena mangga kaya dengan zat besi yang bisa menambah jumlah sel darah merah.





Selain itu, manfaat mangga juga bisa membantu mengatasi gusi berdarah, sembelit, mual, serta mabuk laut.





Itulah dia beberapa manfaat buah mangga yang baik untuk kesehatan. Dengan mengkonsumsi mangga secara teratur, tentu dapat mengurangi beragam resiko penyakit.


Related Posts

Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.