Sejarah Sumpah Pemuda Dan Makna Di Dalamnya


Sumpah Pemuda diperingati setiap tanggal 28 Oktober. Ini merupakan tonggak utama yang menjadi pergerakan kemerdekaan Indonesia oleh kaum pemuda.





Hari Sumpah Pemuda sendiri pertama kali terlahir pada 28 Oktober 1928, dalam Kongres Pemuda II yang diselenggarakan di Batavia (sekarang Jakarta).





Istilah sumpah pemudah bukannya muncul di dalam Kongres tersebut, melainkan setelah Kongres itu selesai dilaksanakan.





Sejarah Dan Makna Sumpah Pemuda





Sejarah Sumpah Pemuda
goodnewsfromindonesia.id




Rumusan Kongres Sumpah Pemuda ditulis oleh Mohammad Yamin pada secarik kertas, lalu dibacakan oleh Soegondo.





Kongres Pemudah yang diselenggarakan pada 28 Oktober 1928 itu, menghasikan tiga butir sumpah, yang kemudian dikenal dengan Istilah Sumpah Pemuda.





Adapun isi Sumpah Pemuda adalah sebagai berikut:





  1. Kami putra putri Indonesia, mengaku bertumpah darah satu, tanah air Indonesia.
  2. Kami putra putri Indonesia, mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia.
  3. Kami putra putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.




Setiap butir Sumpah Pemuda mengandung makna. Seperti pada butir pertama yang terdapat kalimat "bertumpah darah satu, tanah air Indonesia". Artinya pemuda pemudi Indonesia akan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia hingga titik darah penghabisan.





Pada butir kedua, terdapat kalimat "berbangsa satu, bangsa Indonesia". Makna dari kalimat ini adalah, keanekaragaman suku, agama, ras dan budaya di Indonesia, disatukan dalam satu bangsa yang disebut Indonesia.





Pada butir ketiga, terdapat kalimat "bahasa persatuan, bahasa Indonesia". Butir ini menegaskan bahwa bahasa Indonesia menjadi bahasa persatuan, serta identitas rakyat Indonesia.





Itulah sejarah Sumpah Pemuda secara singkat, beserta makna dari setiap butir sumpah pemuda, yang disuarakan sejak puluhan tahun silam tersebut.





Karena Kongres Pemuda yang menghasilkan butir-butir sumpah oleh pemuda diselenggarakan pada tanggal 28 Oktober 1928, maka setiap tanggal 28 Oktober diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda.


Related Posts

Sejarah Sumpah Pemuda Dan Makna Di Dalamnya
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.