Tahun Depan Pemerintah Larang Peredaran Minyak Curah


Selama ini masyarakat menengah ke bawah, lebih banyak menggunakan minyak goreng curah untuk kebutuhan memasak sehari-hari.





Masyarakat memilih minyak curah untuk memasak, karena harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan minyak goreng kemasan.





Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, bahwa mulai tahun 2020 penjualan minyak goreng harus menggunakan kemasan. Pemberlakuan peraturan itu dilakukan, guna mempertimbangkan aspek kesehatan masyarakat Indonesia.





“Kalau harus dikemas itu, supaya minyak yang sampai ke tangan konsumen higienis. Jangan sampai pakai minyak curah karena tidak sehat,” kata Airlangga, di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (7/10).





Tahun 2020 Minyak Goreng Curah Dilarang Beredar





Minyak Goreng Curah Dilarang Beredar Tahun 2020
Merdeka.com




Airlangga juga menjelaskan, pemerintah sudah menentukan mekanisme penjualan minyak goreng kepada masyarakt. Dalam mekanisme itu disebut, bahwa pabrik tidak boleh menjual minyak langsung kepada konsumen.





Minyak goreng yang hendak dijual kepada masyarakat, harus melalui proses pengemasan di pabrik terlebih dahulu.





"Minyak curah dilarang dijual langsung ke pasar. Melainkan harus melalui proses pengemasan terlebih dahulu ke pabrik kemasan. Sehingga ketika sampai ke tangan konsumen sudah dalam bentuk kemasan," jelasnya.





Menteri Perindustrian ini menambahkan, hal tersebut tentu akan berpengaruh terhadap harga minyak goreng di pasaran. Tapi masih belum diketahui seberapa besar pengaruh pengemasan, terhadap naiknya harga jual minyak curah.





Meskipun begitu, Airlangga memastikan, kenaikan harga hanya akan sebatas pada penambahan harga kemasan, atau packaging cost.





“Ya pasti lah (ada kenaikan harga), minyak curah kan tidak pakai kemasan. Kebijakan itu memang untuk kesehatan supaya konsumennya higienis, jangan sampai pakai curah-curah itu tidak sehat,” tutupnya.





Sebelumnya Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, melarang peredaran minyak goreng curah di pasar terhitung tanggal 1 Januari 2020. Sebagai gantinya, minyak goreng curah harus dijual dalam kemasan.


Related Posts

Tahun Depan Pemerintah Larang Peredaran Minyak Curah
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.