5 Alternatif Obat Diare Alami Tanpa Efek Samping


Diare adalah kondisi dimana sistem pencernaan sedang mengalami masalah. Biasanya ketika seseorang menderita diare, maka akan lebih sering buang air besar.





Kondisi ini memang sangat mengganggu, karena penderita diare harus bolak-balik ke kamar mandi, untuk melepas hasrat sakit perut dirasakannya.





Saat terkena diare, penderita pastinya akan merasa tidak nyaman, karena perut akan terus terasa mulas, meskipun tidak ada isi perut yang bisa dibuang. Sehingga yang bisa dikeluarkan hanya cairan saja.





5 Alternatif Obat Diare Alami





Cara mengatasi diare bisa dilakukan dengan banyak pilihan, mulai dari minum obat diare, hingga menggunakan cara tradisional.





Ketika mengalami gangguan pencernaan seperti diare, tubuh akan kekurangan cairan. Karena penderita diare akan lebih sering buang air, sehingga kadar air dalam tubuh akan berkurang dalam jumlah banyak.





Jadi ketika mengalami diare, sebaiknya penderita banyak-banyak minum air putih. Selain itu, segera atasi dengan obat diare alami yang akan Ibukata informasikan berikut ini.





1. Larutan Oralit Buatan Sendiri





Larutan Oralit Obat Diare Alami
beautyepic.com




Obat diare yang paling mudah didapatkan di rumah adalah, larutan oralit yang bisa dibuat sendiri.





Cara membuat laurtan oralit sangat mudah, cukup campurkan 6 sendok teh gula, dan 1/2 sendok teh garam, ke dalam 1 liter air putih.





Minum satu gelas larutan tersebut setiap 4-6 jam sekali. Larutan ini bisa segera membantu mengembalikan cairan tubuh, yang terbuang ketika buang air.





2. Pisang





Pisang Obat Diare Alami
npr.org




Pisang adalah salah satu buah yang bisa menjadi obat diare alami. Buah pisang mengandung kalium, yang berguna untuk menggantikan elektrolit yang hilang dari tubuh, ketika menderita diare parah.





Pisang juga mengandung serat dan pektin, yang dapat menyerap cairan di dalam usus. Dengan begitu, feses yang dibuang jadi lebih padat dan tidak berair.





3. Yoghurt





Yoghurt Obat Diare Alami
istock




Yoghurt banyak mengandung bakteri baik yang disebut Probiotik. Bakteri baik ini bisa membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Probiotik bisa didapatkan dari makan seperti Yoghurt.





Oleh sebab itu, ketika menderita diare, sebaiknya kamu mengkonsumsi Yoghurt. Karena kandungan probiotik dalam yoghurt, dapat melindungi organ pencernaan dari virus ataupun infeksi yang disebabkan oleh bakteri.





4. Teh chamomile





Teh Chamomile Obat Diare Alami
alodokter.com




Teh chamomile merupakan salah satu obat diare tradisional, yang tidak menimbulkan efek samping. Teh jenis ini bisa meredakan peradangan dan memperbaiki kerusakan usus.





Teh ini memiliki sifat antidiare dan antiradang, sehingga mampu menjaga usus tetap sehat dan meredakan kram usus.





5. Jahe





Jahe Obat Diare Alami
iStock




Jahe adalah salah satu rempah yang juga bisa dijadikan obat diare alami. Jahe memiliki sifat antiradang, antinyeri, dan antibakteri.





Kandungan antioksidan di dalam jahe, sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan.





Sifat jahe yang hangat, bisa membantu meredakan sakit perut selama mengalami diare.





Itulah dia beberapa obat diare alami, yang bisa didapatkan dengan mudah di rumah.





Selain menggunakan obat diare tradisional seperti di atas. Pastikan untuk tetap menjaga kadar aairan dalam tubuh, agar tidak mengalami dehidrasi selama diare.





Jika penderita diare sampai mengalami dehidrasi, maka harus segera mendapat pertolongan tenaga medis atau dokter. Terlebih lagi jika diare disertai dengan muntah, atau yang sering disebut Muntaber.


Related Posts

5 Alternatif Obat Diare Alami Tanpa Efek Samping
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.