7 Tempat Wisata Di Jakarta Yang Wajib Dikunjungi


Tempat Wisata Jakarta - Jakarta sebagai kota megapolitan, selain menjadi pusat bisnis, dan ekonomi, kota ini juga menjadi pusat pemerintahan.





Setiap hari warga Jakarta dan warga yang tinggal di sekitar Kota Jakarta, harus berhadapan dengan padatnya lalu lintas di jalan raya.





Siapa sangka di balik hiruk pikuk kota besar seperti Jakarta, masih banyak terdapat lokasi-lokasi wisata yang bagus untuk dikunjungi.





7 Tempat Wisata Di Jakarta





Jakarta tak hanya menjadi pusat pemerintahan, pusat ekonomi dan bisnis, tapi juga kota dengan sejumlah lokasi wisata yang bagus.





Banyak orang dari luar daerah yang jauh-jauh datag ke Jakarta, hanya untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di Jakarta.





Sebagai warga Jakarta, apakah kalian sudah pernah singgah ke tempat-tempat wisata di Jakarta? Jika belum, mari simak sejumlah lokasi wisata di Jakarta yang wajib kalian kunjungi.





1. Monumen Nasional (Monas)





Monumen Nasional Monas Tempat Wisata Di Jakarta
ksmtour.com




Monumen Nasional atau yang sering disebut Monas, adalah ikonnya kota Jakarta. Dibangun pada tahun 1961, dan selesai pada tahun 1975, Monumen Nasional memiliki ketinggian mencapai 137 meter.





Di puncak tugu Monas diletakan api perunggu seberat 14,5 ton, yang dilapisi emas 35 kilogram. Tersedia lift (elevator), yang bisa digunakan untuk naik ke puncak tugu monas. Dari puncak tugu monas, pengunjung bisa melihat indahnya pemandangan Kota Jakarta.





Di bagian bawahnya, terdapat musem sejarah nasional, seputar perjuangan kemerdekaan Indonesia. Monas bisa menjadi tempat wisata di Jakarta yang kaya dengan nilai edukasi.





2. Museum Fatahillah





Museum Fatahillah Tempat Wisata Di Jakarta
sofyanhotel.com




Museum Fatahillah berada di kawasan Kota Tua Jakarta. Musem ini banyak menyimpan sejarah informasi seputar sejarah Jakarta di masa kolonial. Museum ini juga diberi nama Museum Sejarah Jakarta.





Gedung museum ini dibangun pada tahun 1707-1712, dan pertama kali dipergunakan sebagai gedung balai Kota di masa Kolonial Belanda.





Tapi saat ini, gedung ini beralih fungsi menjadi museum, yang menyimpan banyak benda-benda bersejarah, dari masa kerajaan Tarumanegera dan Pajajaran, hasil galian arkeolog hingga koleksi kramik, gerabah dan batu prasasti.





3. Museum Nasional





Museum Nasional Tempat Wisata Di Jakarta
kemdikbud.go.id




Setiap negara pasti memiliki museum nasional mereka sendiri, begitu juga Indonesia. Musem Nasional Indonesia berlokasi di Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Kota Jakarta Pusat.





Sebagai sebuah musem nasional, tentu saja museum ini menyimpan banyak benda bersejarah dari seluruh penjuru Nusantara.





Mulai dari batu-batu prasasti, arca, peralatan yang digunakan sehari-hari pada masa prasejarah, koleksi keramik, dan lain-lain.





Berwisata ke Museum Nasional, selain menyenangkan, pengunjung juga bisa mempelajari sejarah tanah air Indonesia dari masa prasejarah, masa kolonial hingga era modern.





4. Kebun Binatang Ragunan





Kebun Binatang Ragunan Tempat Wisata Di Jakarta
thejakartapost.com




Jakarta banyak memiliki koleksi satwa, yang dijaga dan dirawat di Kebun Binatang Ragunan.





Ragunan adalah salah satu tempat wisata di Jakarta yang cukup terkenal. Pengunjung yang datang ke kebun binatang ini berasal dari dalam dan luar daerah Jakarta.





Di sini pengunjung bisa melihat beragam jenis satwa langka, dari berabagai penjuru Indonesia. Seperti gajah, harimau, macan, orang utan, jerapah, kudanil, serta beragam jenis unggas dan reptil.





5. Taman Impian Jaya Ancol





Taman Impian Jaya Ancol Tempat Wisata Di Jakarta
ancol.com




Ancol adalah salah satu lokasi wisata favorit, yang ada di Utara Jakarta. Kawasan ini menawarkan wisata pantai, dengan beragam keseruan di dalamnya.





Di Taman Impian Jaya Ancol, pengunjung bisa menikmati wisata pantai, sekaligus mencoba beragam wahana permainan yang di dalamnya, seperti Dunia Fantasi, Sea World, Atlantis dan Gelanggang Samudera.





6. Taman Mini Indonesia Indah





Taman Mini Indonesia Indah Tempat Wisata Di Jakarta
shutterstock.com




Tempat wisata Jakarta lainnya yang sudah sangat terkenal, adalah Taman Mini Indonesia Indah.





Seperti namanya, TMII adalah sebuah taman miniatur dari negera Indonesia. Taman ini dilengkapi dengan anjungan-anjungan dari masing-masing daerah di Indonesia, mulai dari ujung Barat hingga ujung Timur Indonesia.





Lokasi wisata keluarga di Jakarta ini kaya dengan nilai budaya dan edukasi. Selain berwisata, pengujung juga bisa mengajarkan seputar budaya lokal kepada anak-anak mereka.





7. Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk





Wisata Alam Mangrove Kapuk Tempat Wisata Di Jakarta
jakartamangrove.id




Jika lelah dengan hiruk pikuk kota Jakarta yang dipenuhi asap kendaraan bermotor, maka kalian bisa mencoba wisata alam Mangrove Angke Kapuk, di Jakarta Barat.





Di sini kalian bisa merasakan serunya berwisata alam, di tengah-tengah hutan bakau.





Pengunjung bisa menelusuri jembatan kayu panjang, yang dibangun di atas perairan bakau kota Jakarta.





Tersedia juga penginapan dengan konsep unik di wisata alam Mangrove Jakarta ini. Penginapan yang tersedia, adalah camping ground, rumah tenda di atas air, dan villa di atas air.





Itulah dia sejumlah tempat wisata di Jakarta yang wajib kalian kunjungi.





Jakarta sebagai kota Megapolitan, tak hanya dipenuhi oleh gedung-gedung tinggi saja, tapi juga memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan edukatif.


Related Posts

7 Tempat Wisata Di Jakarta Yang Wajib Dikunjungi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.