Hari Guru: Mari Mulai Kolaborasi


Kemarin kita menyaksikan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim yang disampaikan dalam peringatan Hari Guru Senin, 25 November 2019, penggalan dari pidato tersebut menyampaikan betapa pentingnya anak-anak muda untuk berkolaborasi untuk mencapai kesuksesan.





Lalu sebenarnya apa makna kolaborasi?





Pada kenyataannya masih banyak orang yang mempertahankan sifat menghindari kegiatan kolaborasi atau kerjasama, terlalu kental dengan jiwa kompetitif sehingga mengabaikan kolaborasi, padahal kolaborasi tidak hanya menawarkan kesempatan yang luar biasa untuk perkembangan profesionalitas, tetapi kolaborasi juga berarti anda bisa membuat pekerjaan terasa lebih ringan dan mudah.





Pentingnya Kolaborasi





Benar adanya jika kolaborasi sangat penting dalam menentukan karir, Kita akan lebih mundah membangun visi bersama, proses pekerjaan menjadi lebih mudah karena semua akan dikerjakan bersama dengan kemampuan masing-masing.





Ide-ide baru akan muncul dengan kita berkolaborasi, ketika saling bertukar ide, ruang-ruang kreatif akan jauh lebih muncul dibanding kita memikirkan ide sendirian. Dalam segi tanggung jawab, kita jadi bisa membagi tanggung jawab bersama sehingga tim akan lebih percaya diri. Berkolaborasi bisa membantu mencari perspektif lain untuk menyelesaikan masalah dan mecari solusi yang lebih baik.





Setiap orang punya latar belakang, pengalaman belajar yang berbeda-beda secara bersamaan, kita bisa mempelajari jenis pengetahuan dari orang lain, Masing-masing kita mememiliki peran sebagai sumber pendidikan bagi orang lain. Perlu kita ingat bahwa ketika seseorang memiliki banyak pengetahuan, kepercayaan diri pun akan muncul.





Komunikasi adalah faktor terpenting dari pencapaian tujuan pribadi atau kelompok. Jadi, mengapa kita tidak melibatkan diri anda ke dalam kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi? Dalam pencarian ide atau bahkan penyelesaian konflik dalam kolaboras, skill komunikasi kita akan terus diasah, terus semakin membaik.





Kita harus sadari juga bahwa di lingkungan sekolah kita masih kurang kegiatan kolaborasi, Semangat kolaborasi harus selalu dikembangkan di lingkungan sekolah, menjelaskan bagimana nilai-nilai manfaat kolaborasi sangatlah penting, kolaborasi yang tepat dapat membantu anak-anak kita untuk membangun usaha sendiri atau mencapai visi-visi yang lain.





Dalam konteks yang lebih luas, konsep pentahelix mengajarkan kita bagaimana pentingnya kolaborasi, pentahelix terdiri dari sinergitas antara pemerintah, pebisnis, komunitas, akademisi dan media untuk mencapai tujuan bersama.





Tentunya dalam hal yang lebih kompleks, kita harus mulai belajar berkolaborasi dari sejak dini, ya.. Sejak sekolah.





Selamat hari guru, Mari ajarkan kolaborasi.


Related Posts

Hari Guru: Mari Mulai Kolaborasi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.