Inilah 6 Tips Belanja Online Agar Lebih Aman


Belanja Online - Kini aktifitas berbelanja secara online, memang menjadi pilihan bagi orang-orang yang terbilang sibuk dengan keseharaian mereka.





Toko-toko online dan e-Commerce hadir memudahkan masyarakat, yang tak ada waktu untuk berbelanja ke toko.





Melalui toko online, masyarakat akan lebih mudah membeli produk apapun yang mereka butuhkan, tanpa harus pergi ke toko, ataupun berkeliling di pusat perbelanjaan.





6 Tips Aman Belanja Online





Tips Aman Belanja Online
pexels.com/PhotoMIX Ltd.




Hari Belanja Nasional atau Harbolnas yang jatuh setiap tanggal 11 bulan 11, selalu dimeriahkan dengan beragam penawaran promo dari berbagai macam toko online.





Agar tidak mengalami kerugian ketika berbelanja online, maka sebaiknya kalian memperhatikan beberapa aspek penting berikut ini.





  1. Belanja hanya di toko online atau marketplace yang sudah jelas reputasinya. Jangan tergiur dengan diskon besar, sementara reputasi toko online-nya masih diragukan.
  2. Ketika belanja online melalui aplikasi mobile, pastikan kalian mengunduh aplikasi resmi dari Play Store atau App Store, bukan dari situs penyedia file APK.
  3. Jika belanja di toko online melalui situs web, pastikan URL situsnya sudah menggunakan https dan SSL. Selain itu, pastikan bahwa URL situsnya benar (bukan diarahkan ke situs lain yang mencurigakan).
  4. Jika dibutuhkan, gunakanlah browser dalam mode incognito (penyamaran). Sehingga kalian bisa berbelanja dengan aman, tanpa khawatir menjadi korban phising.
  5. Hati-hati ketika memasukan data kartu kredit pada situs belanja online. Pastikan bahwa tidak ada aktivitas mencurigakan, yang diminta situs tersebut.
  6. Buat daftar belanja dengan bijak. Jangan sampai dompet bolong karena hobi belanja online yang tidak bisa dikontrol.




Itulah dia beberapa tips aman belanja online di Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 11.11.





Pastikan kalian membeli barang-barang yang memang dibutuhkan, dan bukan barang-barang yang terlihat bagus, tapi pada akhirnya tidak berguna bagi kalian sendiri.


Related Posts

Inilah 6 Tips Belanja Online Agar Lebih Aman
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.