Kedutan Mata Kiri Atas Artinya Apa?


Masyarakat Indonesia memang masih banyak mengenal mitos, bahkan di zaman modern seperti sekarang ini.





Begitu juga mitos seputar kedutan mata kiri atas. Hingga saat ini, masih banyak orang yang belum tahu, apa penyebab mata kedutan.





Banyak beredar mitos terkait mata seseorang yang mengalami kedutan. Bahkan ada yang dikaitkan dengan hal-hal tertentu.





Oleh sebab itu, Ibukata akan memberitahukan, apa yang menjadi penyebab kedutan mata kiri atas.





Penyebab Kedutan Mata Kiri Atas





Hampir setiap orang pasti pernah merasakan kedutan pada matanya. Kedutan pada mata kerap terjadi secara tiba-tiba, tanpa diketahui penyebabnya.





Biasanya ketika kedutan terjadi, maka seseorang akan merasakan getaran pada kelopak mata, bagian bawah mata, dan juga alis.





Sebenarnya fenomena mata kedutan yang pernah dirasakan oleh semua orang, ada penyebabnya. Oleh sebab itu, mari simak arti kedutan mata kiri atas berikut ini.





1. Mata Kiri Mengalami Kelelahan





Kedutan mata kiri atas pertanda organ vital pada mata mengalami kelelahan. Ini sering terjadi, ketika seseorang terlalu lama dan sering menatap layar PC ataupun gadget.





Membaca buku terlalu lama juga bisa menyebabkan mata kedutan, karena mata bisa mengalami kelelahan. Kedutan mata bisa diatasi dengan kualitas tidur yang baik.





2. Konsumsi Kafein





Mengkonsumsi kafein pada sore atau malam hari, bisa memberikan efek terjaga. Sehingga seseorang akan menjadi sulit tidur di malam hari. Akibatnya adalah seseorang akan mengalami kurang tidur.





Ketika seseorang kurang tidur, maka matanya akan merasa lelah, setelah dipaksa untuk terjaga semalaman. Kurang tidur malam ini, bisa memicu kedutan mata kiri atas.





3. Merokok Dan Minum Alkohol





Rokok dan alkohol dapat merangsang otot pada tubuh menjadi tegang. Alkohol memiliki kandungan kafein, dan rokok banyak mengandung zat kimia berbahaya.





Kombinasi rokok dan alkohol, dapat memicu ketegangan syaraf pada kelopak mata. Bahkan dalam jangka panjang, kombinasi ini tak hanya membuat mata kedutan, tapi juga dapat memicu penyakit kronis.





4. Pengaruh Obat-obatan Tertentu





Mata kedutan juga bisa disebabkan oleh konsumsi obat-obatan tertentu. Khusunya obat yang memiliki efek membuat otot tegang atau tubuh bergetar (tremor).





Adapun obat-obatan yang bisa menyebabkan otot tegang dan tubuh gemetar, adalah obat jenis antiepileptik dan antipsikotik.





Obat lainnya adalah obat diuretik, yang berguna untuk mencegah penumpukan cairan dalam tubuh, dan menyebabkan kekurangan magensium.





Jika tubuh kekurangan magnesium, maka otot tubuh akan rentan mengejang. Karena magnesium dibutuhkan sebagai penunjang kinerja syaraf an otot.





Penyakit Yang Menyebabkan Mata Kedutan





Kedutan Mata Kiri Atas Pertanda Apa
hellosehat.com




Selain beberapa penyebab yang sudah disebutkan di atas, ternyata kedutan mata kiri atas juga bisa disebabkan oleh beberapa penyakit.





Adapun penyakit yang bisa menyebabkan mata kedutan antara lain adalah.





Blepharospasm





Blepharospasm adalah kontraksi otot pada kelopak mata yang tidak normal. Kondisi kedutan mata ini cukup langka dan termasuk kedutan mata kronis.





Jika tidak diobati, maka kedutan ini bisa menyebar ke area mata lainnya, dan bisa berlangsung selama berjam-jam jika sudah parah.





Hemificial spasm





Kedutan mata ini disebabkan oleh iritasi pada syaraf wajah. Biasanya disebabkan oleh pembesaran pembuluh darah yang menekan syaraf terlalu kuat.





Bell’s pallsy





Bell’s pallsy adalah pertanda terjadinya kelumpuhan syaraf wajah, yang diakibatkan oleh kerusakan atau trauma.





Penyakit ini membuat fungsi otot menjadi terganggu. Meskipun penyakit ini menyebakan kelumpuhan syaraf, tapi Bell’s pallsy tidak berhubungan dengan penyakit stroke.





Dystonia





Dystonia adalah kelainan kontraksi otot, yang menyebabkan gerakan berulang-ulang, atau postur tubuh yang tidak normal.





Kondisi ini bisa mempengaruhi satu otot, kelompok oto, ataupun seluruh otot di dalam tubuh.





Multiple Sclerosis





Multiple Sclerosis merupakan penyakit yang memengaruhi sistem saraf pusat, dan sumsum tulang belakang. Penyakit ini bisa menyebabkan masalah penglihatan, gangguan keseimbangan, dan munculnya sensasi aneh pada tubuh.





Itulah dia penjelasan seputar arti kedutan mata kiri atas pertanda apa.





Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa mata kedutan disebakan oleh gangguan pada mata, baik karena faktor internal ataupun eksternal.





Agar tidak sering mengalami mata kedutan, sebaiknya jaga kesehatan mata, dan jangan biarkan mata terlalu lelah bekerja.


Related Posts

Kedutan Mata Kiri Atas Artinya Apa?
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.